Ayo Rayakan HUT RI Lewat RDI, Ketua DPD RI: Semangat Kemerdekaan Tak Boleh Pudar

ANTARA/BERITA SAMPIT - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

JAKARTA – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak masyarakat meriahkan peringatan HUT ke-76 RI secara virtual melalui Rumah Digital Indonesia (RDI).

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 15 Agustus 2021 menyebutkan kondisi pandemi COVID-19 membuat perayaan HUT RI harus dilakukan dengan sangat terbatas dan hanya bisa diikuti secara virtual. Karena itu, menurut dia, masyarakat tetap bisa mengikuti upacara HUT RI secara virtual melalui RDI.

“Semangat merayakan Kemerdekaan Indonesia tidak boleh memudar meski kita sedang pandemi. Namun, saya mengimbau agar masyarakat merayakan HUT RI secara aman di rumah bersama keluarga,” katanya dikutip Antara.

LaNyalla mengajak masyarakat agar menghindari menyelenggarakan hari kemerdekaan secara terbuka, apalagi sampai yang mengundang kerumunan yang bisa menyebabkan penularan COVID-19.

“Masyarakat bisa RDI untuk memperingati HUT ke-76 RI seperti melalui RDI,” kata LaNyalla.

Rumah Digital Indonesia bisa diakses melalui www.rumahdigitalindonesia.id, merupakan program kolaborasi Kementerian Kominfo, Kemensetneg, Kemenparekraf, Kementerian Koperasi dan UKM, Kemendikbud Ristek, Kemenag, dan Kementerian Luar Negeri.

Senator Jawa Timur itu mengatakan banyak fitur di Rumah Digital Indonesia yang bisa dinikmati masyarakat untuk menyemarakkan momen HUT kemerdekaan.

Masyarakat, kata dia, bisa menikmati berbagai konten hiburan seni dan budaya, kemudian ada juga literasi digital, bazar produk-produk lokal UMKM, sampai bisa berinteraksi antar sesama pengunjung virtual.

“Di RDI masyarakat juga bisa menjelajahi berbagai keindahan alam dan budaya nusantara sehingga bisa lebih mengenal Indonesia,” ucapnya.

RDI juga tidak akan membuat masyarakat kehilangan momen perayaan HUT RI seperti saat sebelum pandemi melanda. Hanya saja, kebiasaan-kebiasaan peringatan hari kemerdekaan dilakukan secara berbeda.

“Ada berbagai perlombaan khas 17-an yang bisa diikuti masyarakat secara virtual. Seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dan tarik tambang. Tentunya ini sangat menarik karena kompetisi tidak hanya dilakukan antar RT/RW tapi dari seluruh Indonesia,” kata LaNyalla.

Masyarakat pun bisa melakukan kolaborasi karya antar sesama pengunjung Rumah Digital Indonesia. Kemudian, kata LaNyalla, masyarakat bisa mengikuti lomba video perayaan kemerdekaan bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

“Silakan mengekspresikan ide-ide dengan berbagai konten karena perlombaan video kreatif ini masih dibuka sampai 20 Agustus 2021. Lewat Rumah Digital Indonesia, masyarakat juga bisa bergotong royong membantu sesama yang kesulitan lewat berbagai fitur yang tersedia,” katanya.

Menurut dia, pastinya ada berbagai acara hiburan yang akan disiarkan di Rumah Digital Indonesia. Seperti, konser seni dari sejumlah seniman Indonesia, termasuk musisi tanah air.

“Maka untuk para generasi muda, ajak orang tua dan keluarga berpartisipasi merayakan hari kemerdekaan lewat RDI,” kata LaNyalla.

Puncak peringatan HUT ke-76 RI di Rumah Digital Indonesia akan berlangsung pada 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. LaNyalla mengimbau seluruh rakyat Indonesia turut menyaksikannya.

“Menyambut perayaan kemerdekaan juga bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Ciptakan momen khas 17-an dengan lomba-lomba bersama anggota keluarga,” kata LaNyalla.

Lebih lanjut, LaNyalla berpesan kepada pengurus lingkungan seperti RT/RW agar kreatif membuat acara peringatan HUT RI. Bisa dengan lomba menghias rumah, hingga menyelenggarakan perlombaan antar warga secara virtual.

“Pada intinya, kemeriahan 17 Agustus masih bisa kita rasakan di era pandemi. Keterbatasan mobilitas dan ruang gerak di luar rumah jangan sampai melunturkan semangat nasionalisme,” ucap mantan Ketua Umum PSSI itu.

Masyarakat juga bisa menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual bersama Presiden Jokowi pada Selasa (17/8/2021) pada pukul 08.00 WIB dan upacara penurunan bendera sore hari pukul 14.30 WIB. Dengan mendaftarkan diri di ke https://pandang.istanapresiden.go.id/registrasi//, masyarakat bisa menyaksikan Paskibraka beraksi.

“Upacara secara virtual tidak akan mengurangi khidmatnya peringatan hari kemerdekaan. Justru dengan keterbatasan yang ada saat ini, kita justru akan semakin menghayati perjuangan para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan bangsa dan negara,” ujarnya. (Antara/beritasampit.co.id).