Detik-detik Proklamasi, Pengendara di Perempatan CSW Kumandangkan Indonesia Raya

Petugas kepolisian dan para pengendara memberi hormat pada saat Indonesia Raya berkumandang pada pukul 10.17 WIB di perempatan CSW, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 17 Agustus 2021.//Ist-ANTARA/Sihol Hasugian;

JAKARTA – Puluhan pengendara di persimpangan CSW (Cakra Selaras Wahana), Kebayoran Baru Jakarta Selatan berhenti sejenak mengambil sikap sempurna untuk menghormati detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan mengumandangkan Indonesia Raya.

Pantauan Antara di lokasi dekat Halte MRT ASEAN, Selasa 17 Agustus 2021, sekitar pukul 10.15 petugas dari Kepolisian Metro Jakarta Selatan memegang bendera Merah-Putih . Mereka berbaris melingkar di tengah jalan menghadap para pengendara.

Kemudian Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah yang memimpin langsung peringatan proklamasi di lokasi tersebut mengajak seluruh warga mengambil sikap sempurna saat Indonesia Raya berkumandang.

BACA JUGA:   Partai Gerindra Dukung Pemerintah Soal Waktu Pemungutan Suara Pemilu 2024

Para pengendara pun tampak berhenti di lampu merah dan mengambil sikap sempurna di samping kendaraan. Kemudian memberi hormat saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah mengungkapkan pelaksanaan ini bertujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di tengah masyarakat.

“Kita tetap melaksanakan peringatan kemerdekaan RI di tempat terbuka area publik di situ kami hentikan kendaraan untuk dapat mengikuti dengan hikmat, tentu ini adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme,” kata Azis.

BACA JUGA:   Akademisi Tekankan Salah Satu Syarat Utama Calon Anggota KPU-Bawaslu Non Partisan

Azis menambahkan pelaksanaan di lokasi perempatan CSW dilandasi atas dasar tema kemerdekaan, yakni Indonesia Tangguh.

“Kebetulan disini ada ikon pembangunan yang menunjukkan Indonesia tangguh, kita jadikan lokasi untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Sementara itu salah satu pengendara Muhammad Soleh, yang turut mengikuti kegiatan itu mengaku langkah ini jadi salah satu wadah memperingati kemerdekaan.

“Apalagi, aktivitas perayaan 17 Agustus masih dibatasi. Di masa pandemi,¬† ini lumayan membantu¬† apalagi berkat ini kita bisa merayakan,” kata dia.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)