Di Tengah Pandemi Covid-19, Pemkab Katingan Rayakan HUT RI Ke-76 Secara Sederhana

UPACARA : ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat menjadi Inspektur Upacara, di halaman kantor Bupati Katingan, Selasa 17 Agustus 2021.

KASONGAN – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2021 di Kabupaten Katingan dilaksanakan secara sederhana namun hikmat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda sekarang ini, Selasa 17 Agustus 2021 di halaman kantor Bupati Katingan.

Sebagai Inspektur Upacara yaitu Bupati Katingan Sakariyas, sedangkan pembacaan teks Undang-Udang Dasar (UUD) 1445 dibacakan langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Marwan Susanto, dan turut hadir juga Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Sekda Katingan Prangsang, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, Ketua TP PKK Katingan, serta sejumlah Kepala SOPD Katingan dan tamu undangan yang hadir melalui virtual atau zoom meeting.

Sakariyas membaca sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Dijelaskan bahwa peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan RI pada tahun 2021 ini mengusung tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, yang menggambarkan nilai-nilai ketangguhan dan semangat pantang menyerah, untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, demi mencapai masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:   Bantu Masyarakat Katingan, Pemprov Kalteng Adakan Pasar Murah

“Selaras dengan tema tersebut, diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dalam meneruskan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pahlawan, dengan terus berkarya memajukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah,” ucap Sakariyas.

Sampai saat ini kasus masyarakat yang terkonfirmasi melalui data Satgas penanganan Covid-19 Katingan sudah hampir sebanyak 1.300, dan untuk perawatan ada kurang lebih 114 orang. Sakariyas mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan disiplin mengunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumuman banyak orang. Semoga masyarakat katingan secepatnya terhindari dari wabah ini.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Kemerdekaan Republik Indonesia ini wajib diperingati, namun dalam dua tahun ini dilaksanakan secara sederhana. Hal ini karena memang dalam situasi pandemi Covid-19 melanda negara salah satunya Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Katingan.

“Akan tetapi peringatan sederhana dan penuh makna ini tidak mengurangi dari makna yang kita laksanakan. Dan hari ini kita juga bersama-sama mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual melalui zoom meeting melalui istana negara,” tutur Sakariyas, saat diwawancara sejumlah wartawan usai upacara.

Usai kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Katingan memberikan piagam penghargaan satya lencana prasatya kepada 3 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Katingan dan pemberian remisi secara simbolis kepada 30 orang narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI. (Annas/beritasampit.co.id).