Ini Tujuan Tema HUT RI ke 76, Indoneia Tangguh Indonesia Tumbuh

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama usai upacara peringatan HUT RI Ke 76 di Kantor Wali Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Meski dalam situasi pandemi Covid-19 tetapi tidak menyurutkan semangat seluruh lapisan masyarakat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 tahun 2021, tak terkecuali di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Komandan Kodim 1016/Palangka Raya, Kolonel Inf. Rofiq Yusuf menyampaikan bahwa, upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-76 dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Karena dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum selesai,” ucapanya saat menghadiri upacara peringatan HUT RI ke 76 bersama Forkopimda Kota Palangka Raya di halaman Kantor Wali Kota, Selasa 17 Agustus 2021.

Peringatan HUT RI ke-76 tahun ini mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut menggambarkan nilai-nilai ketangguhan dan semangat pantang menyerah, untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, demi mencapai masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:   DPRD Setujui Raperda RPJMD Kalteng

“Sesuai tema HUT RI tahun ini, saya imbau agar penerapan Prokes tetap dilakukan dalam setiap aktivitas, sehingga diharapkan angka penularan Covid-19 dapat ditekan serta meningkatkan ekonomi bangsa Indonesia dalam menghadapi krisis ekonomi global saat ini,” tutur Kolonel Inf. Rofiq Yusuf.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, peringatan HUT ke-76 RI dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dalam meneruskan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pahlawan.

BACA JUGA:   Operasi Patuh, Kelengkapan Kendaraan dan Pelanggar Prokes jadi Sasaran

“Kemerdekaan ini tidak diraih dengan mudah, tetapi diperoleh melalui kegigihan dan perjuangan panjang para pahlawan patriot bangsa,” ujar Fairid Naparin.

Sejak awal pandemi, Pemerintah Kota, TNI-Polri, dan semua pemangku kepentingan terus bekerja keras menangani dampak Covid-19, seperti melakukan refocussing dan realisasi anggaran yang sangat besar.

Karena ini, untuk peningkatan pelayanan kesehatan dan penyiapan bantuan sosial, vaksinasi, hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Saya mengapresiasi kepada para petugas tenaga medis, TNI-Polri dan semua pihak yang tergabung dalam Satgas penanganan Covid-19 yang setiap hari berjuang di lapangan,” tutupnya. (M.Slh/beritasampit.Co.id).