Di Depan Mahasiswa, Rektor UPR Tekankan Pentingnya Integritas

Rektor Universitas Palangka Raya,  Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si 

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Andrie Elia mengungkapkan sebagian besar dari kalangan mahasiswa termasuk ke dalam generasi Z, dan yang lainnya generasi Y, atau kaum milenial. Dimana penamaan suatu generasi dengan kriteria demografis tersebut didasarkan pada asumsi bahwa masing-masing generasi tumbuh dalam lingkungan sosial, ekonomi dan teknologi tertentu.

Dikatakan dia bahwa, kaum milenial dan generasi Z, tumbuh di dalam era di mana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berlangsung dengan sangat pesat, mulai dari komputer, sibernetika, telekomunikasi, World Wide Web, Internet, telepon seluler, hingga ponsel pintar dengan berbagai platform digital yang menyertainya.

Perkembangan TIK tersebut membawa pengaruh pada bagaimana suatu generasi tumbuh dan mengenal dirinya, serta bagaimana generasi tersebut berinteraksi dan berpartisipasi dalam hubungan sosial.

“Sebagian kalangan percaya bahwa milenial dan generasi Z menjalani kehidupannya, dalam proporsi yang signifikan, di dunia virtual/online, dengan menggunakan berbagai platform pada self-perception, self-esteem, pada pola interaksi sosial, serta cara-cara menghadapi permasalahan hidup,” terang Andrie Elia dalam sambutanya dalam PPKMB UPR 2021. Rabu, 18 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Satpol PP Palangka Raya Siap Amankan Hari Paskah Nasional 2024

Saat ini , perkembangan TIK juga dipercaya telah membawa perubahan dalam berbagai kegiatan industri, ekonomi, serta perubahan pada dunia ketenagakerjaan. Dipercayai bahwa di masa depan akan semakin banyak pekerjaan yang dilakukan melalui media digital.

Dimana lanjut dia  bahwa, nantinya akan semakin banyak dan beraneka ragam data yang dikumpulkan, disebarkan dan diolah dengan menggunakan ponsel pintar, mesin pintar, dan platform digital. Ini yang digambarkan sebagai era Big Data dan Artificial Intelligence.

“Seperti tempat kita bertemu sekarang ini, yang adalah ruang virtual, melalui media Zoom Meeting, akan tetapi tidak mengurangi makna dan arti dari pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Palangka Raya tahun 2021 ini,” tuturnya.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, sesuai dengan tema kegiatan PKKMB UPR tahun ini, yaitu “Membangun Generasi yang berintegritas, Adaptif, Inovatif, Unggul dan Berdaya Saing” maka tentu sudah seyogyanya bahwa semuanya harus beradaptasi dengan semua perubahan yang tadi telah disampaikan, yaitu perubahan tatanan kehidupan akibat pandemi dan juga perubahan yang diakibatkan kemajuan teknologi yang di dalamnya juga termasuk adalah perubahan pada tata laksana berkegiatan di perguruan tinggi.

“Anak-anakku sekalian, besar harapan saya dan teriring doa, agar dimulai dari hari ini, kalian semua akan berproses, dimulai dari mengikuti kegiatan pengenalan kampus, dan nantinya akan dilanjutkan dengan aktivitas belajar, hingga kelak akan tiba pada saat kalian mendapatkan gelar,” tutupnya. (M.Slh/Beritasampit.co.id)