Semarak Kemerdekaan, Komunitas Pemuda Kalteng Gelar Donasi Literasi

IST/BERITA SAMPIT - Komunitas Pemuda Kalteng saat memberikan secara simbolis bantuan kepada Yayasan Panti Asuhan Al-Khairat.

PALANGKA RAYA – Negara Republik Indonesia (RI) memperingati Hari Kemerdekaan setiap satu tahun sekali, yaitu pada tanggal 17 Agustus. Dimana proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945 yang merupakan satu di antara momen penting bagi Indonesia, dimana pada saat itu Indonesia dinyatakan merdeka dari negara penjajah.

Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 76 mengangkat tema, “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Dalam momen tersebut Tim Donasi Literasi yang terdiri dari beberapa komunitas Pemuda di Kalteng menyelenggarakan kegiatan Donasi Literasi Batch 3, sekaligus upacara peringatan hari kemerdekaan di Yayasan Panti Asuhan Al-Khairat, Desa Hampalit, Kabupaten Katingan.

Untuk Tim Donasi Literasi sendiri terdiri dari beberapa komunitas, yakni Kalteng Cerdas, GMNI, Euroweek Indonesia, Ant Republic, Duta Inspirasi, Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Bintang Literasi, IMPKY Surabaya, Info Kalteng, Info Pky dan IAI (Hisfarma).

BACA JUGA:   Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kalteng Melebihi Target Nasional

Ketua Tim Donasi Literasi Batch 3, Muhamad Kadafi menjelaskan bahwa, tujuan Donasi Literasi dalam semarak Kemerdekaan adalah mengambil momen HUT RI 76 tahun sebagai bagian dari mewujudkan Merdeka Belajar bagi anak bangsa yang saat ini tertinggal dari jangkauan pendidikan layak, dan melalui Donasi Literasi tersebut adalah gerakan bersama untuk sadar akan pentingnya literasi saat ini apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Harapan kita, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang menerima dan kedepan tingkat literasi di Indonesia meningkat terkhususnya di Bumi Tambun Bungai, dan semoga semakin banyak orang-orang yang terbuka hatinya untuk bahu membahu dan membantu kegiatan ini ke depannya,” kata Muhamad Kadafi, Rabu 18 Agustus 2021.

Kata dia, kegiatan tersebut tidak hanya menata dan menambah koleksi perpustakaan, tetapi Tim Donasi Literasi juga memberikan materi edukasi mengenai Wawasan Kebangsaan, Motivasi, Bahasa Inggris, IPA, dan Kesehatan. Siswa sangat antusias dan menyambut baik kedatangan dari pihaknya.

BACA JUGA:   Hadapi STQ Nasional XXVI, Ini Pesan Wakil Gubernur Kalteng

“Donasi yang telah terkumpul dari beberapa donatur berupa buku pelajaran, buku bacaan umum, pakaian, tas, alat tulis, dan bingkisan kudapan telah disalurkan kepada anak asuh Yayasan Al-Khairat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al-Khairat, M. Syubadin Nur berharap, apa yang telah diberikan oleh Tim Donasi Literasi dan para Donatur dapat bermanfaat bagi para anak-anak.

“Saya mewakili Yayasan Al-Khairat mengucapkan terima kasih atas niat baik dari Tim Donasi Literasi dan para donatur. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah motivasi anak-anak untuk belajar dan meningkatkan kegemaran membaca,” kata M. Syubadin Nur. (M.Slh/beritasampit.co.id).