Saat Promo 17 Agustus, Produk Lokal Diminati Masyarakat

JAKARTA – Saat masa promosi Hari Kemerdekaan 17 Agustus platform dagang elektronik Tokopedia menemukan produk lokal laku keras.

Dikutip Antara dari siaran pers, Kamis 19 Agustus 2021, Tokopedia mengadakan Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun untuk merayakan hari jadi ke-12, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan.

Dalam temuan mereka menjelang dan hingga hari H 17 Agustus, pengguna banyak yang membeli bendera merah putih untuk merayakan Hari Kemerdekaan dari rumah.

Transaksi untuk bendera merah putih naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

BACA JUGA:   PPnBM 100 Persen Diperpanjang, Mukhtarudin: Patut Kita Apresiasi

Semangat nasionalisme juga ditunjukkan lewat pakaian yang bernuansa Indonesia. Tokopedia menemukan peningkatan hampir tiga kali lipat untuk kaus bergambar Indonesia.

Meski pun merayakan 17 Agustus dari rumah, pengguna lokapasar tersebut tetap mengadakan lomba bersama keluarga.

Transaksi kerupuk meningkat lebih dari 2,5 kali lipat selama seminggu menjelang puncak perayaan 17 Agustus.

Tokopedia mendapati produk makanan lokal sangat diminati pada masa promosi Hari Kemerdekaan ini. Selain kerupuk, transaksi untuk tumpeng juga laris manis.

BACA JUGA:   Fraksi Demokrat DPR Setuju Usulan KPU Terkait Pemilu Digelar 21 Februari 2024

Data internal Tokopedia menunjukan jumlah transaksi tumpeng naik hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan 17 Agustus tahun lalu.

Sementara di Tokopedia Nyam, fitur untuk jajanan, makanan lokal seperti bakmi, pisang goreng madu, kacang dan cokelat banyak diburu pengguna.

Tokopedia saat ini memiliki lebih dari 11 juta unit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan di platform. (Antara/beritasampit.co.id).