BREAKING NEWS: Puluhan Rumah Warga Desa Sambi Terendam Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah rumah di Desa Sambi pada Minggu, 21 Agustus 2021 yang mulai terendam banjir akibat curah hujan tinggi.

PANGKALAN BUN – Akibat curah hujan yang tinggi dan berkepanjangan sampai Minggu, 22 Agustus 2021 sore, puluhan rumah di Desa Sambi Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mulai terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kobar, Syahruni, saat dikonfirmasi Minggu, 22 Agustus 2021 membenarkan di Desa Sambi Kecamatan Aruta, puluhan rumah warga sudah terendam banjir.

“Saya baru hari ini mendapat laporan dari Kecamatan Arut Utara, dan hari ini pula BPBD Kabupaten Kobar sudah mulai bergerak di lokasi banjir di Desa Sambi,” kata Syahruni.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Jamin 81.325 Jiwa Penduduk Dalam Program JKN tahun 2024

Kata Syahruni, hari ini baru tim pendahuluan yang ke lokasi membawa speed karet untuk mendata berapa rumah warga yang terendam banjir dan mengecek kebutuhan masyarakat yang rumahnya terdampak banjir.

“Kemudian untuk mendata berapa jumlah rumah dan mengecek kebutuhan warga yang rumahnya terdampak banjir, berkoordinasi dengan Camat, Koramil dan Polsek,“ ujarnya.

Banjir di Desa Sambi, akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini di wilayah Kecamatan Arut Utara mengakibatkan kenaikan debit air DAS (Daerah Aliran Sungai) Arut dan meluap hingga merendam akses jalan dan perumahan warga .

BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

“Desa Sambi dan juga beberapa desa lainnya, di Kecamatan Aruta yang lokasinya landai dengan DAS Arut, kalau curah hujannya tinggi sejak dulu menjadi langganan banjir. Dan sampai saat ini warga masih dinyatakan aman dan bertahan di rumahnya masing-masing,” pungkas Syahruni. (Man/beritasampit.co.id).