Pemerintah Desa Eka Bahurui Menggelar Pemilihan Anggota BPD Baru

KOTAK SUARA : IST/BERITA SAMPIT - Warga Desa Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotim, Kalteng, terlihat antusias menghadiri untuk menggunakan hak suaranya pada pemilihan anggota BPD baru.

SAMPIT – Pemerintah Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk periode 2021-2027.

Pemilihan anggota baru itu melibatkan ratusan warga yang tersebar di 13 Rukun Tetangga (RT) dan 2 Rukun Warga (RW) di Desa Eka Bahurui.

Setelah melalui hasil penjaringan, calon yang memenuhi persyaratan ada 17 orang. Sedangkan yang akan dipilih untuk menjadi anggota BPD Eka Bahurui yang baru hanya 9 orang.

“Ada 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kami siapkan untuk para pemilih untuk menentukan hak suaranya,” ujar salah seorang Panitia Pemilihan Anggota BPD Eka Bahurui Mukadar, Minggu 22 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Buaya Besar Muncul, BKSDA Imbau Warga Bantaran Sekitar Muara Sungai Mentaya Waspada

Mukadar menjelaskan, untuk 3 TPS itu meliputi keterwakilan wilayah I yaitu, RW 1, RT 1, RT 2, RT 3, RT 4 dan RT 12 , keterwakilan wilayah II, RW 1 RT 5, RT 6, RT 7 dan RT 8, sedangkan keterwakilan wilayah III, RW II RT 09, RT 10 RT 11 dan RT 13.

Hasilnya, lanjut Mukadar, dari 17 calon yang mengikuti pemilihan secara demokrasi, hanya 9 calon yang dinyatakan memperoleh suara terbanyak.

“Alhamdulillah, selama proses pemilihan semua berjalan sukses, aman dan lancar. Bahkan, antara pemilih maupun calon anggota yang tidak terpilih, belum ada yang melayang protes,” tegas Mukadar yang biasa disapa Andi ini.

BACA JUGA:   Lanting Warga Desa Ditabrak Kapal, Polisi: Saat Itu Hujan Deras dan Angin Kencang

Sementara itu, Kepala Desa Eka Bahurui Rusdiansyah menambahkan, pelaksanaan pemilihan anggota baru BPD Eka Bahurui yang sukses dan lancar itu mencerminkan bahwa suatu demokrasi itu benar-benar sudah dipahami warga desa setempat.

“Sidang pleno akan kami adakan pada hari ini (minggu), meskipun cuaca kurang mendukung karena hujan sejak tadi pagi, proses sidang pleno tetap dilaksanakan,” tegas Rusdiansyah yang sudah 2 periode menjabat Kades Eka Bahurui ini. (ifin/beritasampit.co.id).