Optimalkan Penanganan Covid-19, Pemprov Kalteng Sediakan Layanan Berbasis Web dan Android

Layanan berbasis web dan android oleh Dinas Kesehatan Kalteng guna mengoptimalkan penanganan COVID-19.//Ist-ANTARA/handout-Pemprov Kalteng;

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berinovasi untuk mengoptimalkan penanganan sebaran Covid-19 di seluruh kabupaten dan kota, salah satunya dengan menyediakan layanan berbasis web dan android yang bisa diakses masyarakat.

Layanan berbasis web maupun android ini bisa di akses maupun unduh atau ‘download’ oleh masyarakat melalui situs web Isoterc19.kalteng.go.id.

Adanya layanan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat melaporkan diri apabila terpapar ataupun merasa terpapar (kontak erat) Covid-19, sehingga bisa segera mendapat penanganan oleh petugas.

“Pelayanan berbasis web dan android ini efektifnya sejak 20 Agustus 2021, yakni aplikasi Iso_Ter C-19 Kalteng. Intinya kami berupaya menyediakan aplikasi atau akses semudah mungkin untuk masyarakat melaporkan dirinya dan ini sudah disosialisasikan ke kabupaten dan kota, termasuk puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, melalui Kasubbag Penyusunan Program, Informasi dan Humas, Isranor, dikutip dari Antara, Senin 23 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Dijelaskan, begitu masyarakat menyampaikan laporannya, maka akan segera ditindaklanjuti oleh petugas dari fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan. Adanya layanan yang terintegrasi ini, juga memudahkan Dinas Kesehatan provinsi memantau penanganan di lapangan.

Lebih lanjut Isranor menjelaskan, hingga pagi ini, sudah ada sekitar 14 pasien isolasi mandiri (isoman) yang terdaftar atau melapor dan kemudian ditindaklanjuti oleh petugas.

BACA JUGA:   Kadishut Kalteng: Serah Terima Jabatan, Momen  Mendorong Kelancaran dalam Tugas Pegawai

“Adanya layanan ini memudahkan masyarakat melapor. Jadi ini merupakan salah satu cara untuk memudahkan masyarakat maupun pemerintah dalam upaya penanganan di lapangan,” kata dia.

Adapun cara menggunakan layanan berbasis web ini, usai membuka situs web yang tersedia, masyarakat diarahkan mengisi data pada kolom yang tersedia dan mengikuti arahan selanjutnya. Dalam layanan ini juga tersedia untuk pendaftaran vaksinasi.

Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan layanan berbasis web maupun android ini agar penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Kalteng semakin maksimal.

(BS-65/beritasampit.co.id)