Provinsi Termiskin Didominasi Indonesia Timur, Filep Minta Terapkan Kebijakan Khusus

Wakil Ketua Komite I DPD RI Filep Wamafma.

JAKARTA– Sejumlah Kawasan Timur Indonesia masih menjadi daerah termiskin di Indonesia. Mulai dari Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, dan Sulawesi Tengah. Data BPS tersebut bukan terjadi satu atau dua tahun terakhir, melainkan puluhan tahun lamanya. Kawasan Indonesia Timur selalu menempati posisi teratas daerah termiskin.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Komite I DPD RI Filep Wamafma mendesak Pemerintah membuat kebijakan afirmasi untuk daerah Indonesia Timur.

Filep mengatakan setelah pengesahan revisi UU Otsus Papua, dirinya berharap pemerintah juga memberikan perhatian penuh berupa kebijakan khusus pada kawasan Indonesia Timur.

BACA JUGA:   Teras Narang: Peran Generasi Muda Penting dalam Mengimplementasikan Nilai Kebangsaan

“Saya jujur ya, merasakan sekali bagaimana setiap membaca hasil data BPS terkait kemiskinan di Kawasan Indonesia Timur. Sejak puluhan tahun, tidak ada perubahan.” kata senator Papua Barat ini. Ia menyebut bahwa kebijakan untuk kawasan Indonesia Timur harus menjadi perhatian khusus mengingat kesenjangan sosial yang kian hari makin nampak di Indonesia.

Filep mengingatkan bahwa permasalahan kesenjangan dan ketidakadilan sosial dapat menjadi ancaman disintegrasi bangsa.

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres 2024

“Kalau sudah miskin puluhan tahun, itu artinya sudah kronis. Maka perlu kebijakan struktural yang bertujuan memberikan akses yang lebih besar kepada sumber-sumber ekonomi.” ujarnya.

“Kita sama-sama dorong segera Kebijakan hukum ataupun kebijakan politik. Kami berharap bahwa salah satu solusi adalah kebijakan terkait RUU Daerah kepulauan dalam rangka distribusi keadilan dan kesejahteraan.” pungkas Filep Wamafma.

(dis/beritasampit.co.id)