Ribuan Warga Katingan Bagian Utara Terdampak Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Warga melintas di genangan air di Tumbang sama.

KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan menyatakan ribuan warga di Kabupaten itu terdampak banjir menyusul meluapnya sungai akibat hujan lebat beberapa hari terakhir.

Kepala BPBD Kabupaten Katingan Roby mengatakan warga terdampak banjir di Kecamatan Sanaman Mantikei terdata 207 rumah terdampak di 5 Desa, dan di Kecamatan Katingan terdapat 1.678 rumah terdampak di 6 Desa/Kelurahan.

Sedangkan, kecamatan lainya seperti Katingan Hulu dan Marikit menyusul Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan masih belum terdata secara lengkap berapa rumah warga yang terdampak banjir.

BACA JUGA:   PLN Mulai Pulihkan Gardu Listrik di Kasongan

“Banjir masih melanda Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Katingan Tengah dan mulai melanda Kecamatan Pulau Malan. Sementara di Katingan Hulu dan Marikit sudah surut dan normal. Akan berdampak selanjutnya di Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kecamatan Katingan Hilir, Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang,” ujar Roby dengan beritasampit.co.id. Selasa, 24 Agustus 2021.

Untuk memastikan kondisi dilapangan pemerintah daerah juga tengah menyerahkan bantuan sembko dan membuat posko-posko banjir.

“Telah memberikan bantuan sembako dan membuka layanan kesehatan melalui puskesmas/pos kesehatan dan juga petugas-petugas medis yang ada di desa,” katanya,

BACA JUGA:   Air PDAM di Kasongan Tidak Mengalir, Ternyata Ini Penyebabnya!
IST/BERITASAMPIT – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Camat Pulau Malan untuk mengurangi beban korban banjir di wilayah setempat, Selasa 24 Agustus 2021.

Sebelumnya, Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang juga telah turun langsung memantau kondisi banjir.

Dia memulai perjalanya menuju Kecamatan Sanggalang Garing (TSG) dan Kecamatan Pulau Malan. Wabup juga menyerahkan bantuan ke warga terdampak banjir.

Usai memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan TSG dan Kecamatan Pulau Malan. Sunardi kembali melanjutkan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Sanaman Mantikei dan Kecamatan Katingan Hulu. Ini juga tidak lain dalam rangka penyaluran bantuan bencana banjir kepada masyarakat.

(Kawit/beritasampit.co.id)