Wabup Katingan Berikan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

IST/BERITASAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Camat Pulau Malan untuk mengurangi beban korban banjir di wilayah setempat, Selasa 24 Agustus 2021.

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Sanggalang Garing (TSG) dan Kecamatan Pulau Malan dalam rangka penyaluran bantuan bencana banjir kepada masyarakat, pada Selasa 24 Agustus 2021.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang menyampaikan agar Pemerintah Kecamatan TSG dan Pulau Malan selalu bersiaga menghadapi penambahan debit air terutama dari wilayah kecamatan di Hulu Sungai Katingan. Diharapkan disetiap kecamatan sampai wilayah perdesaan harus segera mendirikan posko bencana banjir bagi masyarakat.

Menurutnya, posko ini dimaksudkan untuk menangani bantuan berupa bahan makanan jadi kepada warga terdampak banjir. Selain itu, sebagai tempat pelayanan kesehatan alternatif lain selain Puskesmas. Sebab, kita tau bahwa bencana banjir kerap kali menimbulkan berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:   Jalankan Instruksi Prabowo, Gerindra Katingan Turun Langsung Bantu Masyarakat

“Sementara ini bantuan yang diberikan terbatas, dan lebih baik membagikan makanan yang sudah dibungkus kepada masyarakat, karena akan lebih efisien dan merata. dari pada membagikan bantuan sembako kepada tiap kepala keluarga, namun tidak merata,” ucap Sunardi N.T Litang saat meninjau banjir di Desa Buntut Bali, Kecamatan Pulau Malan, Selasa 24 Agustus 2021.

IST/BERITASAMPIT – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Camat Pulau Malan untuk mengurangi beban korban banjir di wilayah setempat, Selasa 24 Agustus 2021.

Sementara untuk persediaan obat-obatan menurutnya harus selalu dipantau oleh Dinas Kesehatan melalui jajarannya. Hal ini agar jangan sampai sempat kehabisan obat.

BACA JUGA:   Kelotok Gratis Angkut Bantuan Banjir, 688 Jiwa Warga Tumbang Bulan Terdampak

“Karena saat musibah banjir sangat rawan terjadi penyakit seperti ISPA, gatal-gatal, batuk, pilek dan jenis penyakit lainnya. Saya harapkan semua jajaran di setiap kecamatan segera mendata rumah-rumah masyarakat yang terkena dampak banjir luapan air Sungai Katingan ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, usai memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Sanggalang Garing (TSG) dan Kecamatan Pulau Malan. Wakil Bupati Sunardi N.T Litang kembali melanjutkan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Sanaman Mantikei dan Kecamatan Katingan Hulu. Ini juga tidak lain dalam rangka penyaluran bantuan bencana banjir kepada masyarakat.

(Annas/beritasampit.co.id)