Usai Dilantik, Gubernur dan Wagub Kalsel Fokus pada Penanganan COVID-19 dan Pulihkan Ekonomi

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalsel Muhidin dilantik Presiden Joko Widodo Rabu 25 Agustus 2021 di Istana Negara Jakarta.//Ist-Antaranews Kalsel/Istimewa;

BANJARMASIN – Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor dan Muhiddin akan langsung bekerja untuk memulihkan kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung. Hal ini disampaikan usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu 25 Agustus 2021.

Sahbirin mengatakan, pemerintahannya akan fokus tekan angka penularan COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Dalam penyusunan program pembangunan ke depan, lebih mengutamakan sektor yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat seperti sektor pertanian, perkebunan, infrastruktur, peningkatan UMKM dan lainnya.

“Kami bakal bahu membahu dan bersinergi bersama segenap Kepala SKPD serta para kepala daerah kabupaten/kota melanjutkan pembangunan Kalsel 2021 – 2024. Fokus utama kami mempercepat penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi rakyat,” kata Gubernur yang biasa dipanggil Paman Birin, dikutip dari Antara.

Didampingi Wagub H Muhidin, Paman Birin mengatakan, selain penanggulangan COVID-19 yang hingga kini kasus penularannya masih tinggi di Kalsel, target sasaran pembangunan lain adalah menjadikan Kalsel sebagai wilayah strategis dengan ditetapkannya ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

BACA JUGA:   Mensos Tri Rismaharini Pastikan Peningkatan Kualitas Prasarana Dasar Suku Dayak Maratus

Sebagai gerbang ibu kota negara, lanjut Sahbirin, tentunya Kalsel akan menerima dampak signifikan terhadap pembangunan berbagai sektor dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, pihaknya juga merencanakan pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru mendukung IKN dengan meningkatkan konektivitas kawasan pertumbuhan perekonomian, pemenuhan sarana prasarana pendukung perekonomian, serta penyediaan sumber energi terbarukan.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Kalsel Muhidin dilantik Presiden Joko Widodo Rabu 25 Agustus 2021 di Istana Negara Jakarta.//Ist-Antaranews Kalsel/Istimewa;

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terpilih Sahbihin Noor dan Muhidin di Istana Negara Jakarta, Rabu 25 Agustus 2021) siang. Pelantikan berlangsung penuh khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

BACA JUGA:   Kemendikbudristek Harap Film Indonesia Tak Sekadar Hiburan, Tapi Aset Diplomasi Budaya

Prosesi pelantikan diawali kirab menuju istana, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Keppres tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensesneg, pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden RI.

Pelantikan H Sahbirin Noor dan H Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Periode 2021- 2024, dihadiri Menpolhukam, Mendagri dan Sekretaris Kabinet.

Turut hadir dari pihak keluarga Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dan Hj Fathul Jannah Muhidin, serta undangan dari Pemprov Kalsel yakni Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)