Banjir di Katingan, Ini Kata Wakil Ketua DPRD

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah.

KASONGAN – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah mengungkapkan keprihatinannya mengenai musibah banjir yang melanda wilayah tersebut.

Menurutnya, banjir hampir setiap tahun terjadi. Kendati begitu ia tetap mengiatkan masyarakat untuk selalu waspada.

Dia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Katingan terutama BPBD dan leading sektor lainya untuk terus memantau keadaan masyarakat dan memberikan semangat motivasi.

“Jika ada masyarakat yang terdampak banjir, segera diberikan bantuan seperti salah satunya sembako,” pintanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pendangkalan air sungai dan rusaknya alam merupakan salah satu faktor terjadi banjir.

“Apa mungkin faktor alam kita hutan mulai gundul misalnya, atau kegiatan masyarakat yang dinilai merusak lingkungan kita. Ini yang harus kita cari sumbernya, apakah terjadi pendangkalan Sungai Katingan atau lainnya,” tuturnya.

Dari pada saling tuding menyalahkan, Nanang malah mengajak semua pihak bisa bergandengan tangan untuk bisa saling bantu mengatasi banjir.

Dia menyakini kerusakan alam pasti tidak lepas dari tangan manusia, dan dari tangan manusia juga pula lah bisa memulihkan kerusakan itu.

“Sudah saatnya kita sama-sama merawat alam kita, Mari kita saling bahu-membahu tolong menolong,” tuturnya.

Nanang juga mengucapkan apresiasi atas kepedulian Polda Kalteng yang sigap memberikan bantuan ke warganya yang terkena dampak banjir.

Respon positif pemerintah daerah yang juga memberikan bantuan dipimpin langsung wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang juga mendapatkan apresiasi.

“Yang masyarakat kita butuhkan sekarang bantuan kita semua, semoga musibah ini cepat berlalu,” harapnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)