BPBD Siapkan 100 Unit Motor Operasional Karhutla

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan sebanyak 100 unit pengadaan kendaraan operasional roda dua untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Seruyan, Agung Sulistyono melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Togirin mengatakan bahwa, 100 unit sepeda motor jenis trail ini akan serahkan untuk Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah terbentuk di desa-desa di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Seruyan.

“Pengadaan armada ini kita ada 100 unit kendaraan operasional roda dua, yang mana ini peruntukannya untuk membantu MPA yang sudah terbentuk per desa yang ada di 10 kecamatan dan TNI-Polri yang memang masuk dalam Satgas Karhutla, dan ini sebagai kendaraan operasional mereka untuk penanganan karhutla,” katanya, Kamis, 26 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Safari Ramadan ke Seruyan Raya dan Danau Selukuk

Selain sepeda motor operasional pengadaan tahun ini juga ada mobil pemadam dan mobil patroli yang mana saat ini masih dalam tahap penyelesaian. Sambung Togirin, dari 100 unit kendaraan operasional roda dua ini ada sekitar 48 unit kendaraan yang sudah dilakukan serah terima, yang mana sisanya untuk di desa-desa akan segera diserahkan.

BACA JUGA:   Wujudkan Kepastian Hukum dalam Penyelenggaraan Program JKS di Daerah, Pemkab Seruyan Rancang Perbub

Kendati demikian, dirinya berharap terlebih dengan adanya bantuan hibah kendaraan roda dua ini nantinya bisa membantu MPA yang ada di desa-desa dalam penanganan maupun pemadaman karhutla diwilayah masing-masing, sehingga bisa lebih maksimal

“Untuk desa-desa belum saat ini belum diserahkan, pengadaan ini dari dana alokasi khusus (DAK). Harapan kita mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Seruyan ini yaitu kendaraan roda dua khususnya, sehingga untuk penanganan atau memadamkan karhutla bisa dilaksanakan dengan maksimal untuk kegiatan di masing-masing kecamatan yang sudah terbentuk MPA,” pungkasnya.