Kepala Desa Diminta Ikut Awasi Kelompok Tani

Man/BERITA SAMPIT : Plt Kadis Tanaman Pangan Hortikultura Dan Pertanian Kabupaten Kobar, Kris Budi Hastuti.

PANGKALAN BUN – Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan Dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Kris Hastuti, mengatakan semua kelompok tani yang menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan), sebelumnya mendapat bimbingan dari para pendamping.

“Sesuai arahan dari Bapak Bambang Purwanto Anggota Komisi IV DPR RI, bahwa sebanyak 41 kelompok tani yang akan menerima bantuan alsintan harus didampingi oleh pendamping, tujuannya agar semua alsintan bisa dimanfaatkan dengan benar dan dirawat dengan baik”, kata Kris Budi, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, disela-sela penyerahan alsintan kepada Poktan, Kamis, 26 Agustus di halaman Kantor Dispertan Kabupaten Kobar.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Hadiri Launching Rute Baru Maskapai Batik Air

Menurut Kris Budi, pihaknya juga akan terus memantau pemakaian alsintan keseluruh kelompok tani di Kabupaten Kobar.

“Jadi dalam hal ini, saya juga mengimbau kepada seluruh kepala desa agar ikut membantu mengawasi kelompok tani, dalam penggunaan alsintan. Karena berhasilnya pertanian disatu desa juga berkat kerja sama dari kepala desa dan aparatnya,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Buka Ramadan Cup Mini Soccer R88 Bersama Siwo PWI Kobar

Kris Budi Hastuti juga menginformasikan bahwa selama masa pandemi hasil pertanian yang cukup berkembang, baru jenis hortikurtula seperti panen Semangka dan yang sempat diekspor ke Singapur dan sebagian buah alpukat.

“Kalau hasil dari pertanian padi, yang cukup berkembang dibeberapa desa yang memiliki embung atau danau kecil, yang airnya telah diirigasikan kelahan pertanian”, pungkas Kris Budi Hastuti.

(man/beritasampit.co.id).