Pemprov Kalteng Mulai Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil

MENINJAU : Hardi/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat melakukan peninjauan vaksinasi ibu hamil di Kantor Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalteng laksanakan vaksinasi dosis satu untuk ibu hamil dengan target 300 orang. Pelaksanaan vaksinasi tersebut, dilakukan di Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 26 Agustus 2021.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut menggunakan vaksin Sinovac melibatkan tenaga kesehatan sebanyak 60 orang dengan rincian Puskesmas Kereng Bengkirai delapan orang, Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya sembilan orang, dari TNI 10 orang, dan dari Rumah Sakit Umum Daerah Dr Doris Sylvanus sebanyak 33 orang.

Untuk pemberian dosis vaksin diberikan kepada ibu hamil dengan usia kehamilan dari 13 sampai 33 minggu. Total sasaran ibu hamil yakni sebanyak 1.398 orang, tersebar di Kabupaten dan Kota se-Kalteng.

BACA JUGA:   Penyaluran Pinjaman Fintech di Kalteng Capai Rp700 Miliar, Meningkat Sejak Juli 2020

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut. Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan, yang akan memiliki risiko lebih berat apabila terinfeksi Covid-19 atau virus corona, sehingga perlu menjadi prioritas penerima vaksin.

“Selain itu, efek lain dari ibu hamil yang terkena virus corona adalah terjadinya peningkatan Angka Kematian Bayi, terutama karena problem prematuritas akibat harus dilahirkan lebih cepat,” ucapnya.

Sugianto Sabran mengutarakan sesuai arahan Presiden RI, pada tanggal 19 Agustus 2021 lalu, Pemerintah telah mendeklarasikan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil. Pencanangan kali ini terasa spesial, karena berlangsung pada bulan Agustus yang merupakan momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:   Baru Kotawaringin Barat yang Miliki Perda CPPD

‚ÄúPada hari ini Kamis, 26 Agustus 2021, Provinsi Kalimantan Tengah juga melaksanakan Pencanangan secara serentak di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, yang diikuti melalui Video Conference, dengan target sasaran ibu hamil yang akan divaksinasi Covid-19 sebanyak 1.398 orang dari 48.291 jumlah sasaran ibu hamil se-Kalimantan Tengah,” pungkasnya.

Sugianto Sabran berharap dengan adanya Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil pada hari ini, diharapkan dapat mengedukasi para Ibu Hamil akan pentingnya Vaksinasi, dengan tujuan untuk menurunkan Angka Kesakitan dan Kematian Ibu Hamil akibat Covid-19 di Kalteng.

(Hardi/Beritasampit.co.id)