Soroti Aplikasi PeduliLindungi, DPR: Pemerintah Jangan Bisnis Aplikasi Atas Nama Pandemi

Ilustrasi Aplikasi Peduli Lindungi.

JAKARTA- Anggota DPR RI, Sartono Hutomo mempertanyakan urgensi dibalik keberadaan aplikasi PeduliLindungi yang di design pemerintah guna menekan penyebaran Covid-19.

Menurutnya, aplikasi tersebut terkesan hanya ditujukan pada masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang cukup.

“Padahal realitasnya tidak semua orang memiliki perangkat yang diharuskan aplikasi itu. Dimana letak keadilannya kalau begitu. Padahal sejatinya aturan mesti dirasakan manfaatnya oleh semua,” tandas Sartono, Minggu, (29/8/2021).

BACA JUGA:   Pembangunan Pendidikan Penting Guna Optimalkan Bonus Demografi

Sartono juga menilai, dengan adanya keharusan masyarakat mengunduh aplikasi tersebut itu sama saja pemerintah terkesan mendahulukan kepentingan bisnis.

“Ngunduh aplikasi itu memangnya gratis? Kan pakai kuota dan pulsa, apa ini bukan bisnis namanya? Kalaupun negara yang menggratiskan seperti apa penjelasan anggarannya? Pemerintah jangan berbisnis atas nama pandemi dengan dalih apapun. Kasihan rakyat lagi susah,” tegasnya.

BACA JUGA:   Banggar DPR RI: Ramadan Jadi Katalisator Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sartono berujar ketimbang masyarakat dibebankan untuk mengunduh aplikasi tersebut, sebaiknya cukup hanya dengan memberikan bukti foto sertifikat vaksin saja.

“Dengan bukti foto jauh lebih mudah dan masyarakat tidak terbebani ketimbang harus unduh aplikasi yang menyedot biaya dalam bentuk kuota dan pulsa,” pungkas Sartono Hutomo.

(dis/beritasampit.co.id)