Ada 126 Anak di Barsel Terpapar Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, drg. Daryomo Sukiastono, M.AP.

BUNTOK – Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) tercatat sebanyak 126 orang anak di daerah ini baik dari usia 12 hingga 17 tahun terpapar wabah Covid-19.

“Jumlah tersebut, dihimpun dari tahun 2020 hingga tahun 2021 saat ini yang mencakup anak laki-laki maupun perempuan dan untuk saat ini kita masih melakukan pengawasan,” kata Kepala Dinkes Barsel drg. Daryomo Sukiastono, M.AP kepada beritasampit.co.id beberapa waktu lalu.

Sebagian dari anak-anak tersebut banyak telah sembuh dan sisanya masih terpapar Covid-19, bahkan jumlah ini juga dari data kasus yang ditemui dari tahun 2020 lalu.

BACA JUGA:   Dewan Dukung Pemkab Barsel Kembangkan Objek Wisata di Tiga Desa ini

“Oleh sebab itu, apabila sudah sembuh dan masih terpapar Covid-19 maka masuk di dalam data ini,” jelas Daryomo Sukiastono.

Sedangkan untuk anak usia 0 hingga 15 tahun lanjutnya, pihaknya masih merekap data secara detail namun jumlah pasti sudah didapatkan. “Untuk jumlah pastinya, akan segera kita informasikan kembali sebab berbicara masalah angka kita tidak mau salah,” ungkapnya.

Dijelaskan Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Barsel ini, terkait gejala ringan sama seperti pada umumnya yakni mengalami flu, batuk disertai sakit tenggorokan. Sedangkan untuk gejala sedang sama seperti gejala ringan, akan tetapi disertai demam dan gambar rontgen dada terlihat pneumonia.

BACA JUGA:   Disiplin Mentaati Prokes Masyarakat Barsel Meningkat

Dia mengimbau, agar seluruh masyarakat Kabupaten Barsel termasuk orang tua maupun anak-anak supaya terus saling menjaga agar terhindar dari wabah Covid-19 dan selalu mentaati Protokol Kesehatan (Prokes).

Selain itu juga, dengan mengikuti vaksinasi karena dengan vaksinasi maka akan membentuk kekebalan tubuh kita.

Sedangkan bagi anak-anak dan remaja juga diimbau jangan menyepelekan pandemi ini apabila merasa diri kuat setidak-tidaknya ingat orang tua di rumah yang belum tentu kuat.

“Intinya, tetap jaga kesehatan agar terhindar dari wabah Covid-19 dan selalu mentaati Prokes hal tersebut demi kebaikan kita semua,” tukas Daryomo Sukiastono. (Ded/beritasampit.co.id).