DPD RTI Kalteng Gelar Seminar Nasional dan Rekrutmen Anggota

IST/BERITA SAMPIT - Dewan Pengurus Daerah Rumah Tani Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Seminar Nasional dan Rekrutmen Anggota secara virtual.

PALANGKA RAYA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Rumah Tani Indonesia (RTI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Seminar Nasional dan Rekrutmen Anggota. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 30-31 Agustus 2021 yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom dengan mengusung tema “Milenial Bertani”.

Kegiatan seminar ini menghadirkan beberapa orang narasumber, seperti perwakilan dari Komisi IV DPR RI Daniel Johan, Yesiah Ery Tamalagi yang merupakan Staf Khusus Menteri Pertanian RI, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Dr. Idha Widi Arsanti, M. Riza Damanik Selaku Staf Menteri Koperasi dan UMKM, Wakil Dekan UPR Dr. Nyahuk Rumbang MP, Dekan Fakultas Prtanian UMP Dr. Saijo SP. MP, dan Serta Pelaku Usaha Heru Setiawan.

Dalam kesempatan itu Daniel Johan Selaku anggota DPR RI Komisi IV yang membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Kelautan, sebagai salah satu Narasumber Seminar mengatakan, Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki peluang besar dalam mengembangkan potensi pertanian dan dengan kemajuan teknologi.

BACA JUGA:   Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Malang Raya Dikukuhkan

“Saat ini hal itu dapat tercapai jika anak-anak muda ikut terlibat dan berperan aktif dalam dunia pertanian dengan kreativitas dan terobosannya,” ucapnya, Senin 30 Agustus 2021.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa Petani Milenial akan menjadi pelaku Revolusi Pertanian di Indonesia, petani Milenial mampu membawa pertanian lebih baik ke depannya.

DPR RI telah membuat aturan tentang pemberdayaan pertanian, baik itu pengadaan bantuan dan pemberian edukasi mengenai pertanian, yang dimana aturan itu bisa menjadi pondasi untuk kemajuan dan kesejahteraan para petani di Indonesia.

“Petani juga harus mampu menguasai industri pertanian baik dari hulu dan hilirnya, ini menjadi kekuatan mengurangi kemiskinan dan kesejahteraan petani. Disinilah peran Milenial yang sangat penting,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Golkar Siap Usung Kaspinor di Pilkada Sukamara

Sementara itu, Ketua DPD RTI Kalteng Petrus Tampubolon mengatakan, kegiatan seminar kali ini dilaksanakan bertujuan menyambut ajakan Presiden RI Joko Widodo, untuk mengajak Milenial ikut terlibat aktif dalam mewujudkan Swasembada pangan dan revolusi pertanian di Indonesia.

Petrus menjelaskan, dalam kegiatan ini, yang menjadi sasaran kegiatan adalah kalangan anak muda agar dapat bergerak di bidang pertanian, dan menciptakan peluang usaha dalam bidang pertanian di kalangan anak muda baik melalui tanaman tahunan, musiman dan bulanan ataupun hidroponik serta dapat di kolaborasikan dengan teknologi untuk pemasaran dan publikasi hasil pertanian.

“Kegiatan seminar nasional ini mendapatkan respon positif dari kalangan anak muda, dapat kita lihat antusiasnya anak-anak muda ini, ada sekitar 100 peserta yang masuk, dan mengikuti seminar melalui zoom,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).