Batamad Barsel 2021-2025 Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati

Dedy/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST, saat menyampaikan sambutannya dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Ketua serta Pengurus Batamad Barsel masa bakti Tahun 2021-2025.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri melantik dan mengukuhkan Ketua serta Pengurus Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak (BATAMAD) Barsel Masa Bakti Tahun 2021 hingga 2025. Selasa, 31 Agustus 2021.

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri dalam sambutannya menyampaikan, Batamad merupakan organisasi lembaga dayak yang dibentuk untuk menjaga harkat dan martabat masyarakat dayak.

“Yang dibentuk berdasarkan, Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nomor 16 Tahun 2008 tentang Kelembagaan Adat Dayak di Kalteng. Bersama dengan, Dewan Adat Dayak (DAD) dan Damang yang dinaungi payung hukum,” katanya.

Menurutnya, oleh karena itu selaku Kepala Daerah juga selaku dari DAD Barsel bahwa keberadaan Batamad di tengah-tengah masyarakat Barsel agar bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Serta program kerja yang akan dirancang, harus mampu mendukung peningkatan kinerja organisasi dalam mewujudkan kemajuan daerah secara umum tanpa meninggalkan dan juga menyampingkan jati diri masyarakat dayak khususnya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo
Dedy/BERITA SAMPIT – Ketua dan Pengurus Batamad Masa Bakti tahun 2021-2025 saat foto bersama.

Dengan sudah dilaksanakannya pelantikan dan pengukuhan Batamad Kabupaten Barsel masa bakti 2021-2025 pada hari ini lanjutnya, kiranya organisasi inipun dapat merekatkan kebersamaan dan persatuan kita kedepan.

“Dengan harapan, Batamad dapat menjadi wadah dan sarana sebagai kesatuan organisasi pengggalang untuk eksistensi masyarakat dayak,”ungkap Eddy Raya Samsuri.

Lebih lanjut orang nomor satu di Barsel ini menambahkan, disamping itu juga tugas dan tanggung jawabnya adalah mengawasi aturan-aturan yang telah dikeluarkan serta ditetapkan oleh DAD dan Damang.

“Sehingga keamanan, dan ketentraman diseluruh lapisan masyarakat Barsel dapat terjaga dan yang lebih penting lagi. Dengan selalu, menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan suku yang ada di Bumi Dahanai Dahanai Tuntung Tulus Yang Kita Cintai Bersama Ini,”terangnya.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Selamat kepada Pengurus Batamad yang sudah dilantik dan kepada jajaran Pengurus Batamad Provinsi Kalteng terima kasih sudah bersedia datang dalam acara ini,”pungkas Eddy Raya Samsuri.

Acara pelantikan dan Pengukuhan Batamad Kabupaten Barsel masa bakti 2021-2025 tersebut, tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda Barsel, Pimpinan DPRD Barsel yang diwakili Tamarzam, Rahmanto Rahman dan Ida Riani, Panglima Batamad yang diwakili oleh Pendeta Babo Wanto S Baddak beserta rombongan dan Dewan Pertimbangan DAD Barsel.

Selain itu juga dihadiri oleh Pengurus DAD Barsel, Ketua Batamad masa bakti 2021-2025 yang baru dilantik Marcopolo, Dewan Pelindung Batamad Barsel, Ketua NU Barsel Suryadi Tamsi, Damang Se-Kabupaten Barsel, Seluruh Jajaran Pengurus Batamad Barsel masa bakti 2021-2025 yang baru saja dilantik.

(Ded/beritasampit.co.id)