Desa Mekar Mulya Rayakan Hari Jadi ke 33

ANDRE/BERITA SAMPIT - Kepala Desa Mekar Mulya, Herlangga Triatmaja Hadiwijaya, SH memotong tumpeng disaksikan Camat Sematu Jaya, Panca Mardi Hari Sanyoto, S.Pi. dalam HUT Desa Mekar Mulya.

NANGA BULIK – Desa Mekar Mulya, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah merayakan hari jadi ke 33 di Balai Desa setempat, Rabu 1 September 2021 malam.

Desa Mekar Mulya merupakan desa eks transmigrasi yang dimulai pada 1 September 1988 dan berada dalam Pembinaan KUPT (Kepala Unit Pemukiman Transmigrasi) dengan Nama UPT Nanga Bulik II C/SP 6.

Transmigran saat itu berasal dari satu provinsi yaitu Jawa Tengah yang meliputi 4 (empat) kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo ada 25 KK, Kabupaten Temanggung 25 KK, Kabupaten Kebumen 25 KK, dan Kabupaten Purworejo 25 KK.

Empat bulan kemudian, datang lagi warga transmigrasi dari Provinsi Jawa Barat yang meliputi dari Pandeglang, Karawang dan Tangerang. Hingga tahun 1992, warga Transmigrasi dari Provinsi Jawa Barat berdatangan.

BACA JUGA:   Dianggap Sewenang-Wenang, Polres Lamandau Digugat di Pengadilan

Kemudian pada tahun 1995 pemerintah mendatangkan lagi Warga Transmigrasi yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Desa Mekar Mulya, Herlangga Triatmaja Hadiwijaya, SH memotong tumpeng disaksikan oleh Camat Sematu Jaya, Panca Mardi Hari Sanyoto, S.Pi. dan Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti cuci tangan memakai sabun ketika memasuki balai desa dan memakai masker.

Warga antusias mengikuti perayaan hari jadi desa, dengan bersama – sama melakukan istighosah dan doa bersama agar Desa Mekar Mulya semakin maju serta terhindar dari malapetaka ataupun wabah pandemi.

Herlangga juga sempat menyampaikan mengenai kondisi desa, aset desa, kondisi lembaga desa, hingga capaian pembangunan baik dari fisik maupun non fisik di desa yang dipimpinnya.

BACA JUGA:   Puluhan KPM BLT-DD Satiruk Terima Bantuan Oktober 2021

“Di Mekar Mulya terbagi atas 14 RT yang masuk dalam 4 RW. Dengan jumlah penduduk ada 1.929 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 631 kk,” kata Herlangga.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh BPD Mekar Mulya ini diapresiasi Camat Sematu Jaya, Panca Mardi Hari Sanyoto, atas capaian yang telah dilakukan Desa Mekar Mulya, dan dia mendoakan agar Desa Mekar Mulya semakin berkembang dan maju serta menjadi desa mandiri.

Tak lupa dia mengingatkan agar warga desa selalu patuh terhadap protokol kesehatan guna memutus penyebaran pandemi Covid-19 hingga dapat segera berakhir.

“Selamat Hari Jadi Desa Mekar Mulya ke 33,” ucapnya. (Andre/beritasampit.co.id).