Banjir 3 Kali di Katingan, Ini Tanggapan DPRD

KAWIT/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi II DPRD Katingan Rudi Hartono

KASONGAN – Banjir di Kabupaten Katingan kembali terjadi, tercatat hingga sekarang sudah 3 Kali banjir melanda di tahun 2021 ini. Menanggapi hal itu Ketua Komisi II DPRD Katingan Rudi Hartono mengatakan akibat cuaca yang memang ekstrim.

Dimana hampir satu minggu ini curah hujan dapat dibilang cukup tinggi. Selain itu, penyebab lainnya juga diakibatkan kemungkinan penggundulan hutan, bisa oleh HPH, oleh masyarakat maupun oleh perkebunan.

“Walau HPH itu dengan aturan-aturannya ada reboisasi dan mengamankan, menurut saya itu adalah persoalan klasik saja, karena itu kan ada siklus kehidupan dunia yang memang begitu,” ujarnya. Senin, 4 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

Faktor manusia juga menjadi instrumen penting yang harus difikirkan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Apalagi di tengah tingginya kompetisi usaha dan jumlah penduduk yang semakin padat.

“Banyak faktor yang mendorong perilaku manusia, untuk itu memang kesadaran dan kepedulian sangat penting terhadap alam,” katanya.

Legislator partai Golkar itu juga menyebutkan faktor lain terjadinya banjir juga karena dipengaruhi oleh pendangkalan sungai, misalnya Sungai Katingan. Sungai yang semakin dangkal itu akan terus menyebabkan erosi.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

“Saya yakin kejadian ini juga memberikan refleksi buat kita semua agar lebih dekat dengan alam dan menjaga lingkungan, meski begitu peran pemerintah sangat penting untuk mencegah terjadinya banjir lagi melewati kebijaknya,” tutupnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)