Juni Gultom: Revolusi Industri 4.0 Peningkatan Kinerja Tanggap Perbaiki Infrastruktur

Kepala Dinas PUPR Kotawaringin Barat, Dr. Juni Gultom, ST.MPT

Laporan : Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id). Bagian 03 (selesai)

Kepala Dinas PUPR Kotawaringin Barat, Juni Gultom menjelaskan, bahwa Cold Mix Asphal adalah campuran aspal siap pakai yang dibuat dengan teknologi yang canggih dan telah teruji keunggulannya di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.

Dengan kualitas setara dengan campuran aspal hotmix, Cold Mix Asphal sangat praktis untuk penambalan dan perbaikan jalan, juga dapat digunakan untuk jalan nasional, provinsi, kabupaten dan pedesaan serta kompleks pemukiman, area pergudangan, pelabuhan dan lainnya.

“Dapat menghemat biaya konstruksi jalan karena biaya lebih murah dibandingkan dengan hotmix aspal minyak dan sangat cocok untuk patching (penambalan jalan) maupun overlay, karena mutunya sudah teruji, dibanding dengan aspal lainnya. Mudah aplikasinya, langsung buka kemasan terus dihampar dan dipadatkan. Murah biayanya, pengguna tanpa harus memproses melalui AMP,” jelas Juni Gultom.

Semenjak diberlakukannya program pengerjaan nol lubang di Kotawaringin Barat maka diperoleh tanggapan positif dari para warga dan juga hal positif dari kemudahan mencari lokasi dari pihak koordinator lapangan.

BACA JUGA:   Gerakan Pramuka Kolam Harus Menjadi Pionir Membangun Daerah
Proses pelaksanaan fisik penanganan program ‘Nol Lubang’ yang telah dilaksanakan di Kabupaten Kobar

Dengan berbagai inovasi penanganan jalan daerah di Kabupaten Kotawaringin Barat salah satunya adalah inovasi Gerakan Nol Lubang dengan teknologi aspal dingin berbasis digital. Hasil kerjanya telah mampu meningkatkan tingkat kemantapan jalan daerah dari 41 prosen pada tahun 2017 menjadi 74 prosen tahun 2021 .

“Dasar hukum inovasi ini adalah Undang-Undang Nomor 38/2004 tentang jalan, UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan, PP 34/2006 tentang jalan, peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor :13/PRT/M/2011 tentang pemeliharaan dan pemilikan jalan,“ papar Juni.

Kata dia, sejak diluncurkannya Inovasi Gerakan Nol Lubang, masyarakat Kabupaten Kobar sangat antusias dan merespon program ini dengan baik. Sedikitnya Dinas PUPR telah menerima 1.200 komentar dari masyarakat. Dari 1.200 komentar ini, setelah ditelusuri terdapat 12 ruas jalan yang berlubang dan 12 ruas jalan tersebut telah menjadi target perbaikan.

“Kesimpulan pertama, banyak respon positif dari masyarakat merupakan support untuk perbaikan jalan berlubang menggunakan teknologi aspal dingin berbasis digital Kotawaringin Barat. Kedua, Informasi yang cepat dan penyediaan sarana khusus untuk melapor kondisi jalan berlubang melalui WhatsApp saat ini telah efektif. Dan ketiga, dengan adanya program gerakan nol lubang melalui digital maka sistem pelaporan dapat cepat tanggap terhadap kerusakan jalan, sehingga dapat membantu mempercepat perputaran roda perekonomian setiap daerah,“ beber Juni Gultom.

BACA JUGA:   Bupati Kobar Luncurkan Aplikasi Donor Darah ‘MyNUR’

Juni Gultom mengucapkan terimakasih kepada  Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat yang telah memberikan dukungan dalam inovasi berbasis teknologi digital di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh lembaga, instasi lainnya serta keluarga dan teman-teman, serta wartawan yang selalu memberikan semangat untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kobar, yang pada Minggu, 3 Oktober 2021, kita semua memperingati Hari Jadi Kabupaten Kobar yang Ke 62 Tahun. Semoga pembangunannya lebih maju dan tangguh,” pungkas Juni Gultom.