Kepala Dinas PUPR : Revolusi Industri 4.0 Peningkatan Kinerja Tanggap Perbaiki Infrastruktur

Man/BERITA SAMPIT : Salah satu contoh kinerja Tanggap Program 'Nol Lobang" setelah menerima informasi dari masyarakat ada jalan yang berlubang, dengan cepat langsung diperbiki.

Oleh : Maman Wiharja

Bagian : 02.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Juni Gultom mengatakan metode respon cepat penanganan jalan berlubang menggunakan teknologi aspal dingin berbasis digital,

Pelapor mengirimkan foto kondisi jalan yang berlubang dan mencantumkan lokasi yang jelas. Laporan dilanjutkan oleh petugas ke koordinator satuan tugas nol lubang.

“Satuan tugas berangkat ke lokasi dengan peralatan dan bahan aspal dingin, serta melakukan, estimasi pengerjaan sekitar tiga jam (situasional). Setelah selesai satuan tugas mengirimkan foto hasil kerja ke Koordinator,” ungkap Juni.

Dijelaskan Juni dalam hal ini unsur manajemen yang pertama adalah manusia dengan melakukan proses manajemen, manusia sangat berperan penting. Untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan, dan sudah berjalan adalah peran penting yang dilakukan oleh manusia.

Manusia dapat dibilang sangat penting dalam unsur unsur manajemen ini, misal jumlah tenaga kerja yang terlibat adalah 20 orang. Kemudian, money atau uang merupakan unsur yang sangat penting dalam berjalannya pekerjaan yang akan dicapai sesuai tujuan. Misal dana yang dibutuhkan sebesar Rp 1 Miliar dengan swakelola

Unsur manajemen lainnya, yaitu material dalam sebuah proses untuk mencapai sebuah tujuan memiliki persediaan bahan baku sangatlah dibutuhkan. Maka dari itu salah satu unsur-unsur manajemen yang penting adalah materials yang dapat memenuhi pencapaian tujuan. Seperti Cold mix didatangkan dari Pulau Jawa.

BACA JUGA:   Rakhman Minta Doakan Atlet Kalteng Bisa Raih Mendali di PON Papua

Juga machine adalah salah satu unsur manajemen yang menjadi pendukung terhadap berjalannya proses pencapaian tujuan yang efisien adalah mesin. Alat yang digunakan adalah alat sendiri. Dan method adalah sebuah metode yang digunakan untuk menjalankan proses manajemen dapat dilakukan dengan pemikiran manusia.

Dengan adanya kemudahan penyampaian laporan dari masyarakat melalui WhatsApp atau pun media sosial sangat membantu para petugas dalam mencari lokasi perbaikan sehingga mempercepat penanganan secara langsung.

Program baru yang diluncurkan Dinas PUPR yakni Gerakan “No Lubang”, gerakan ini terealisasi setelah Dinas PUPR Kotawaringin Barat melakukan studi banding belum lama ini ke Gresik. Kita bentuk tim satgas.

“Kita menerima laporan dari masyarakat jalan mana saja yang berlubang, dimana ada jalan kota yang berlubang kita segera tutupi jalan yang berlubang tersebut dengan aspal dingin,” ujar Juni.

BACA JUGA:   Arab Saudi Buka Kembali Umrah, PT Alkamila Kembali Buka Calon Jemaah

Juni Gultom, merasa bersyukur sejak diluncurkan inovasi “Gerakan Nol Lubang”, masyarakat sangat antusias dan merespon program ini dengan baik.

“Nah, sekarang kita bicara bahan baku, yakni Aspal dingin sebagai bahan baku perbaikan jalan dapat dengan mudah di peroleh di Tokopedia atau berbagai e-commerce lainnya dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Bahan baku aspal dingin campuran adalah bahan perbaikan jalan berteknologi tinggi, yang dapat digunakan sepanjang hari. Sangat cocok untuk memperbaiki berbagai jenis permukaan jalan di bawah lingkungan apa pun, seperti jalan beton aspal, tempat parkir, landasan pacu bandara dan jembatan perluasan sambungan.

Pengetahuan sempurna tentang pencampuran aspal dingin, kata Juni memungkinkan untuk merancang dan memproduksi peralatan pencampuran aspal dingin.

“Aspal campuran dingin yang diproduksi oleh AIMIX Group dapat menyembuhkan diri sendiri bahkan di bawah tekanan dari suhu rendah. Karena aspal campuran dingin adalah pilihan ideal untuk jalan yang tidak direkayasa. Juga aspal campuran dingin adalah campuran dari agregat dingin, pengisi dan aspal emulsi,” papar Juni Gultom.

BERSAMBUNG.