Sah, Fajrurrahman Jabat Sekda Kotim

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor melantik Fajrurrahman sebagai Sekretaris Daerah definitif, Senin 6 September 2021

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akhirnya memiliki Sekda definitif, yakni H Fajrurrahan.

Fajrurrahman yang juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata ini dilantik sebagai Sekda di Aula rumah jabatan bupati.

Pelantikan dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan disaksikan oleh Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) serta Pj Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bupati Kotim, Halikinnor, mengatakan, sebelum dilakukan pelantikan pihaknya telah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Gubernur Kalteng.

Menurut Halikinnor, tugas pokok seorang Sekda adalah sebagai koordinator dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sekda harus memastikan semua OPD bekerja dengan baik, untuk pencapaian visi dan misi Kabupaten Kotim yang tertuang dalam RPJMD, yakni Demokratis, Adil, Maju, Aman, Indah-Lestari, Mandiri, Taqwa, Profesional (Damai dan Mantap).

“Seorang Sekda harus bisa menerjemahkan seluruh aturan dari pemerintah pusat dan ketentuan lain dari kementrian maupun departemen lain,” ujar Halikinnor, saat pelantikan  sebagai Sekda Kotim, Senin 6 September 2021.

BACA JUGA:   Kreatif! Rongsokan Disulap Jadi Rumah Baca di SMPN 4 Sampit

Sebelum pelantikan, Pemkab Kotim telah melakukan seleksi terbuka, namun sampai batas akhir tidak ada yang memenuhi syarat dan yang dilantik sekarang telah mendapat persetujuan KASN dan Gubernur,” kata Halikinnor.

Menurut catatan, jabatan Sekda Kotim sudah diemban oleh seorang Penjabat sejak Halikinnor mundur dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai Bupati Kotim pada Pemilu Kepala Daerah serentak pada 9 Desember 2020 dan dijabat oleh Asisten I Setda Kotim Nur Aswan sebagai pelaksana harian.

Selanjutnya jabatan Sekda Kotim dipercayakan kepada Suparmadi selaku Penjabat (Pj) yang saat itu juga sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kotim.

Berjalannya waktu jabatan atas petunjuk Gubernur Kalteng Pj Sekda Kotim dari Suparmadi diserahkan kepada Ahmad Husein yang merupakan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Suparmadi fokus pada jabatannya selaku kepada Dinas Pendidikan Kotim.

BACA JUGA:   AMPI Kotim Dilantik, Begini Pesan Ketua AMPI Kalteng

Setelah 3 bulan menjabat dan kerena padatnya tugas serta sangat diperlukan di Pemprov Kalteng Ahmad Husein kemudian digantikan oleh Fajrurrahman.

Pemkab Kotim kemudian membuka seleksi pimpinan tinggi pratama jabatan Sekda, pasalnya sejak tahun 2020 lalu jabatan sekda diduduki oleh pejabat sementara.

Namun, tiga pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kotim yang mengikuti seleksi terbuka Sekda dinyatakan tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Sehingga pengisian posisi tertinggi di birokrasi tersebut dilakukan melalui mutasi dan rotasi pejabat.

“Kami berharap dengan dilantiknya Sekda definitif bisa memberikan kinerja yang lebih terbaik dan memiliki dedikasi tinggi serta inovasi dan mampu melaksanakan tugas dengan maksimal untuk membangun Kotim kearah yang lebih baik” harap Halikinnor.

(jun/beritasampit.co.id)