Tergenang Banjir, Polisi Imbau Hati-Hati Lewati Jalan Kasongan-Kereng Pangi

ANNAS/BERITASAMPIT - Suasana saat anggota Satlantas Polres Katingan mengatur lalu lintas jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi

KASONGAN – Belum seutuhnya surut atau pengurangan debit air, karena musibah banjir di Kabupaten Katingan yang terjadi sejak bulan Agustus tahun 2021 kemaren. Kini debit air sungai dari bagian wilayah Hulu atau Utara Katingan meluap ke permukiman masyarakat akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi.

Banjir kiriman yang terjadi sekarang ini kembali melanda sejumlah desa di kota Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Katingan, pada Senin 6 September 2021. Sementara dari pantauan dilapangan bahwa jalan Trans Kalimantan yang melintasi Kota Kasongan yang sudah terendam banjir selama tiga hari sebelumnya dan sudah surut.

Kemudian, pada saat ini jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi, tepatnya di Km 1 setelah SPBU kembali tergenang banjir. Namun banjir yang menggenangi jalan ini cukup parah dari sebelumnya, karena derasnya debit air yang terjadi. Banjir diperkirakan sepanjang 100 meter lebih dengan ketinggian selutut orang dewasa.

Kasatlantas Polres Katingan, Iptu Lenina Olin mengatakan bahwa kondisi debit air sudah menggenangi sejumlah jalan dan arus juga lumayan kencang. Sehingg dihimbau untuk masyarakat penguna kendaraan roda dua dan empat agar berhati-hati dalam melewati melintasi jalan untuk mengambil jalur tengah supaya aman.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Dapat Bantuan Dari Bank BRI Cabang Palangka Raya Sebesar Rp 50 Juta

“Anggota Satlantas Polres Katingan bersama TNI serta relawan sudah turun ke jalan untuk membantu pengamanan pengaturan lalu lintas jalan dan memasang tali pembatas badan jalan. Selain itu anggota kita selalu sigap untuk membantu membantu evakuasi warga yang kesulitan saat lewat jalur jalan yang banjir,” jelas Kasatlantas Polres Katingan, Iptu Lenina Olin, kepada beritasampit.co.id, Senin 6 September 2021.

Iptu Lenina Olin menambahkan diharapkan untuk pengendara motor seperti motor matic mungkin tidak disarankan melewati jalur jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi tersebut. Karena kondisi debit air cukup deras dan dalam. diharapkan juga agar menggunakan jasa angkutan mobil pikap yang disediakan masyarakat di lokasi itu ataupun jasa angkutan lainnya.

” Sekali lagi kita himbau agar masyarakat pengguna kendaraan untuk selalu waspada saat melintasi jalan yang tergenang banjir saat ini,” singkatnya.

BACA JUGA:   BRI Salurkan Bantuan Banjir, Sakariyas : Bantuan Sekecil Apapun Membantu Masyarakat
ANNAS/BERITASAMPIT – Kondisi jalan yang tergenang di depan sekretariat DPD KNPI Katingan

Perlu diketahui, selain di km 1, di km 5 jalur tjilik riwut kasongan-kereng pangi atau sampit juga terendam tetapi dalam skala sedang. Kemudian, titik terendam banjir juga terjadi di Km 3,4 atau tikungan bajang (sebelum rumah makan ceria), Km 1 Kota Kasongan tepatnya jalan depan Sekretariat KNPI Katingan, dan tikungan sebelum bundaran depan rumah makan padang. jalan ini masih bisa dilewati kendaran mobil dan Motor.

Tidak hanya itu saja, dari pantauan di lapangan bahwa sejumlah fasilitas umum, pasar tradisional Kota Kasongan, Sekolah SD, SMP, SMA, berbagai warung makan pun ada yang tidak beroperasi lagi akibat banjir yang terjadi. Ini hanya di Kota Kasongan saja, belum lagi di berbagai desa-desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Kabupaten Katingan.

(Annas/beritasampit.co.id)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!