Warga Desa Hanjalipan Terdampak Banjir Terima Bantuan Dari Binda Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Desa Hanjalipan (kiri) saat menerima bantuan dari Binda Kalteng.

SAMPIT – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimatan Tengah (Kalteng) meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada warga Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Senin 6 September 2021.

Penyaluran bantuan untuk korban banjir sekaligus peninjauan ini dipimpin langsung oleh Kabinda Kalteng, Brigjen TNI Sinyo, S.IP, M.M.

“Penyaluran bantuan ini ditunjukan kepada warga desa yang tengah terdampak bencana banjir, kegiatan ini merupakan program dari Binda Kalteng yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan merupakan bentuk kepedulian BIN kepada masyarakat,” ujar Sinyo.

Kata Dia, kegiatan penyaluran bantuan itu merupakan bentuk kepedulian pihaknya kepada masyarakat yang terkena bencana, agar meringankan beban masyarakat. Bantuan itu dilakukan sesuai arahan dari Kepala BIN agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama yang sedang mengalami musibah.

BACA JUGA:   Berbagi di Bulan Ramadhan, HIMPAUDI Kotim Salurkan Bantuan Untuk Anak Yatim dan Lansia

Dilain pihak Kepala Desa Hanjalipan Sapransyah mengatakan bahwa, banjir terjadi sejak 25 Agustus 2021 lalu, hingga saat ini belum berangsur turun debit airnya.

Disampaikan Kepala Desa Hanjalipan, adapun jumlah warga yang terdampak yakni 427 KK, 313 rumah, atau 1.740 jiwa. Dengan ketinggian air berkisar antara 50 cm hingga 2 meter. Sedangkan fasilitas umum yang terdampak antara lain 1 Kantor Desa dan Balai Desa, 3 unit Sekolah yaitu TK, SDN, Madrasah, 1 Masjid, 2 Musala.

BACA JUGA:   Akun Palsu Diduga Modus Penipuan Beraksi Mengatasnamankan Bupati Kotim

“Untuk saat ini belum ada warga yang mengungsi keluar wilayah Desa Hanjalipan, air banjir berasal dari Sungai Mentaya yang bertemu dengan sungai Tualan. Saya mewakili warga desa mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada BIN dan Kabinda Kalteng yang telah meninjau dan memberikan perhatian serta menyerahkan bantuan kepada kami yang terdampak banjir,” ucapnya. (im/beritasampit.co.id).