Banjir Terbesar, Pelayanan RSUD Mas Amsyar Dialihkan Ke Hotel Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas mengecek kondisi banjir di RSUD Mas Amsyar Kasongan.

KASONGAN – Pusat pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kota Kasongan terendam banjir akibat meluapnya sungai Katingan, karena intensitas hujan di atas normal sekarang ini.

Musibah banjir ini adalah yang terbesar dalam sejarahnya di Kabupaten Katingan pada tahun 2021 ini. Pasalnya, aktifitas masyarakat khususnya di Kota Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan Hampir lumpuh total sampai hari ini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Katingan Sakariyas, bersama rombongan langsung mengecek kondisi banjir dilokasi rumah sakit dan Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan, dr Agnes Niissa Paulina.

Selain meninjau banjir di ruang IGD, Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini juga menyempatkan melihat genangan air yang merendami lantai sejumlah ruang inap.

Rata-rata ketinggian debit air mencapai setengah lutut orang dewasa terutama di ruang IGD. Kemudian, untuk depan halaman sakit ketinggian debit air lebih selutut orang dewasa.

Bupati Sakariyas mengaku prihatin dengan kondisi RSUD Mas Amsyar Kasongan yang kebanjiran ini. Karena, dalam sejarah Kabupaten Katingan pada tahun ini musibah banjir yang terjadi sangatlah parah.

“Selama ini rumah sakit kita tidak pernah kebanjiran, kecuali di halaman. Tahun ini dalam sejarahnya sangat parah sekali. Saya juga mengingatkan agar masyarakat harus sabar dan tabah menghadapi kesulitan ini. Selain itu perlu diperhatikan masalah listrik, jangan sampai ada jek atau kabel di sini yang terendam, tolong diperhatikan. Karena sudah ada warga kita yang menjadi korban,” pungkasnya.

Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan, dr Agnes Niissa Paulina, mengatakan jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit ini sebanyak 9 orang, tiga pasien sudah dievakuasi di Hotel Katingan.

Saat ini RSUD Mas Amsyar Kasongan sementara tidak melayani pasien rujukan dari Puskesmas. Namun jika ada pasien rujukan dari Puskesmas disarankan langsung ke RSUD Doris Sylvanus Palangaka Raya.

“Terkait rujukan ini kami sudah berkoordinasi dengan BPJS. Sedangkan bagi warga yang ingin berobat ke RSUD Mas Amsyar Kasongan untuk sementara pelayanan dialihkan di Hotel Katingan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)