BMKG : Intensitas Hujan di Kotim Masuk Kategori Sangat Lebat

ILHAM/BERITA SAMPIT - Suasana hujan yang mengguyur Kota Sampit. Saat ini diprakirakan BMKG Kabupaten Kotim, intensitas hujan masuk kategori sangat lebat.

SAMPIT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara H Asan Sampit, menyampaikan saat ini intensitas hujan di Kabupaten Kotawaringin Timur, masuk dalam kategori sangat lebat.

“Cuaca Kotim dari hasil pengamatan curah hujan pada tanggal 06 September 2021 terukur 124 mm/ hari (kategori sangat lebat) dan dari pantauan Satelit GSMaP hujan 24 jam yang lalu di Kotim terpantau hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, sedangkan dari pantauan Satelit Himawari-8 cakupan awan hujannya hampir merata di wilayah Kotim,”kata Kapala BMKG Stasiun Bandara H Asan Sampit Musuhanaya, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   Periode Kedua Halikinnor, Pemuda Cempaga ini Lebih Mendorong Berpasangan dengan Fajrurrahman

Berdasarkan hasil analis pada 6 September hujan disebabkan oleh beberapa factor, dan yang dominan antara lain suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia hangat dengan Nilai anomali SST berkisar antara 1.0 sampai dengan3.0°C yang dapat meningkatkan potensi penguapan.

Kemudian terdapat adanya belokan angin (shear line) dan konvergensi di wilayah Kotim dengan kecepatan angin berkisar antara 2 – 05 Knot.

“Belokan angin tersebut memicu penumpukan massa udara dan mendukung pertumbuhan awan konvektif di wilayah Kotim, terpantau kelembapan udara di atmosfer di lapisan 850-700 mb pukul cenderung basah yang berkisar antara 80-95%, hal ini mendukung untuk pertumbuhan awan-awan konvektif,”paparnya.

BACA JUGA:   Jadwal Kapal PT DLU dari Sampit Bulan Maret-April 2024

Untuk prospek 1 minggu ke depan prakiraan cuaca wilayah Kotim dari Model Integrated Forecasting System (IFS), potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari.

“Data curah hujan dari dasarian atau rentang waktu 10 hari terakhir hujan terus menerus mengguyur, sehingga masyarakat diminta untuk terus waspada terhadap bencana Hidrometeorologi seperti banjir seperti yang terjadi saat ini,” tutupnya.

(Cha/beritasampit.co.id)