Dinas PUPR Kalteng Bangun Posko dan Kerahkan Personel di Daerah Terendam Banjir

Kepala Dinas PUPR Kalimantan Tengah Shalahuddin (kanan) saat mendampingi Gubernur Sugianto Sabran (kedua kiri) meninjau lokasi banjir di Kuala Kuayan, Kabupateng Kotawaringin Timur, Selasa 7 Setember 2021.//Ist-ANTARA/Arif Hidayat;

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah (Kalteng), Shalahuddin, menyatakan bahwa pihaknya telah membangun posko, menyediakan alat berat, membuat rambu-rambu peringatan dan mengerahkan sejumlah personel di sepanjang jalan provinsi maupun kabupaten yang terendam banjir.

Langkah itu sebagai upaya membantu sekaligus memberikan rasa aman kepada kendaraan yang melintas di sepanjang jalan provinsi maupun kabupaten.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian PUPR, agar mendirikan posko dan membuat rambu-rambu peringatan di sepanjang jalan-jalan nasional yang terendam banjir,” kata Shalahuddin, ketika mendampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ke lokasi banjir di Kabupaten Katingan dan Kotawaringin Timur, Selasa 7 Setember 2021.

Menurut Shalahuddin, sampai sekarang belum ada jalan ataupun jembatan di provinsi yang terputus akibat banjir. Dan, jika pun ada kendaraan yang harus putar balik dari Kabupaten Katingan menuju Kabupaten Kotawaringin Timur, lebih kepada genangan air relatif dalam serta tidak bisa dilalui kendaraan.

BACA JUGA:   ASN Diminta Siap Hadapi Digitalisasi

“Kalau genangan air sudah surut, jalan itu bisa kembali dilalui. Jadi jalan dari Kasongan ke Kereng Pangi bukan putus. Genangan airnya yang cukup dalam. Itu yang membuat kendaraan harus putar balik,” kata Shalahuddin.

Selain memberikan rasa aman saat akan melintas di sekitar jalan terendam banjir, PUPR Kalteng juga telah meminta BBPJN Kementerian PUPR melakukan penanganan dan perbaikan jalan yang rusak setelah banjir.

Dia mengatakan BBPJN telah menyediakan dana untuk observasi dan perbaikan jalan-jalan yang kemungkinan rusak. Dengan begitu, setelah banjir surut dan tidak ada lagi genangan air, seluruh jalan-jalan nasional yang rusak akan langsung diperbaiki oleh pihak BBPJN.

BACA JUGA:   Para Juara Popprov Kalteng Harus Terus Giat Latihan untuk Popnas 2022

“Kami di PUPR Kalteng juga terus memantau perkembangan jalan-jalan yang sedang terendam banjir, termasuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat akan melintas,” demikian Shalahuddin.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov, melakukan pemantauan sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir di sekitar Kabupaten Katingan dan Kotawaringin Timur.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)