Bupati Lamandau Salurkan Bantuan Untuk Warga yang Terdampak Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menyalurkan bantuan di Desa Bunut dan Desa Sungai Mentawa.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana mengunjungi desa-desa terdampak banjir di wilayah Kecamatan Bulik. Desa yang dikunjungi adalah Desa Bunut dan Desa Sungai Mentawa, pada Rabu 8 September 2021.

Karena jalan terputus akibat banjir, peninjauan menggunakan Speedboat dan perahu mesin. Hendra Lesmana juga membawa satu perahu berisi ratusan sembako bantuan.

Dalam kegiatan ini, Bupati Hendra Lesmana didampingi Kapolres Lamandau, AKBP Budi Purnomo, Dandim, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lamandau, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Dinas Kesehatan dan Camat Bulik, yang tak segan ikut di tengah banjir untuk menyalurkan bantuan kepada warga.

BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

“Alhamdulillah, ketinggian banjir tidak sedalam banjir tahun lalu. Dan sekarang posisi air juga sudah mulai surut, intensitas hujan berkurang. Diharapkan beberapa hari kedepan semua desa yang terdampak bisa surut kembali,” kata Hendra Lesmana.

Untuk penanganan banjir jangka pendek, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau akan menyalurkan bantuan sembako, karena setidaknya ada sekitar 1300 lebih keluarga yang terdampak banjir.

BACA JUGA:   Kisah Penggelapan Uang dan Judi Online Kasir Perusahaan PT Hutanindo Lestari Raya Timber

Sedangkan, untuk jangka panjang, sebagaimana perintah dari Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran diharapkan semua pihak bisa berperan aktif dalam mencegah perubahan iklim.

Diantaranya melakukan penghijauan dan penanaman kembali hutan yang gundul. Serta penertiban kembali izin-izin perusahaan, seperti izin yang mati dan yang menggarap diluar izin. (Andre/beritasampit.co.id).