Mukhtarudin Dorong UMKM di Kalteng Kreatif

IST/BERITA SAMPIT : Mukhtarudin saat menyampaikan sambutan sebelum acara Pelatihan Design Branding dibuka di Palangka Raya.

PANGKALAN BUN – Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengimbau kepada seluruh pelaku UMKM di seluruh Kalteng harus berani mendesign branding hasil produk usahanya. Sebab dengan kemasan yang menarik dan menambah nilai jual.

Hal tersebut disampaikan Mukhtarudin saat membuka acara Pelatihan Design Branding kepada 30 peserta UMKM di Palangka Raya. Rabu, 8 September 2021.

Mukhtarudin dalam sambutannya mengupas tentang dunia usaha yang dilakukan para pelaku UMKM di Indonesia saat ini masih lemah alias lesu.

“Lemahnya karena hasil produksi, kurang menarik untuk dipasarkan secara global, misal melalui toko-toko, swalayan dan mall. Dalam artian kemasannya masih kalah oleh makanan cemilan inpor. Untuk itu, melalui pelatihan ini para pelaku UMKM jangan takut untuk mendesaint branding hasil produksinya,” kata Mukhtarudin.

BACA JUGA:   Dua Wartawan Berita Sampit Dinyatakan Kompeten Setelah Ikuti UKW PWI Kalteng di Palangka Raya

Dia mencontohkan bila jenis makanan ringan dibeberapa swalayan dan mall yang telah dikemas dengan branding yang sangat menarik, maka kelihatannya menarik bagi para pembeli.

“Padahal isi kemasan yang menarik tersebut, hanya makanan cemilan, seperti berondong jagung, goreng kripik singkong, atau makanan hasil olahan kuliner, kerupuk udang, goreng ikan teri, asin kering dan sebagainya”, terang Mukhtarudin.

Politisi asal Partai Golkar itu juga mengakui berbagai faktor yang masih menjadi kendala kurang majunya para pelaku UMKM, juga masalah manajemen yang dikelola asal-asalan. Bahkan, banyak permodalan usaha UMKM oleh para pelakuknya dicampur adukan dengan keuangan dapur, jajan anak-anak, uang sekolah dan pengeluaran lainnya.

“Sekarang dalam forum ini, diharapkan semua peserta UMKM mengikuti berbagai arahann dari Team Kementerian Koperasi dan dinas terkait lainnya, diikuti dengan seirus, karena nanti bagi peserta yang lulus akan mendapatkan Sertifikasi”, imbuh Mukhtarudin.

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Berharap Ombudsman Bisa Sharing Terkait Kebijakan Pemerintah Pusat

Acara tersebut dihadiri, Hj. Eti Sumanis, SE.,MM beserta tim dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang hadir di Kota Palangka Raya. Asdep Pengembangan SDM UKM, Dwi Andriani serta Deputi Bidang UKM Hanung H. Rahman.

Selain itu hadir juga Ati Mulyati selaku Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Tengah dan Dekan Fakultas Ekonomidan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palangkaraya, Dr. Sabian Ustman beserta Tim Fasilitator dari FEBI IAIN.

(man/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)