Tangani Banjir, Gubernur Kalteng Menggerakkan Semua Kekuatan

PENINJAUAN: IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau banjir di Katingan.

KASONGAN – Dalam upaya penanganan banjir di daerah, Gubernur Kalimatan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran perintahkan semua instansi Pemerintah Provinsi Kalteng untuk menyiapkan dan membantu. Terutama menyiapkan dapur umum di lokasi banjir berbagai daerah, termasuk yang paling parah di wilayah Katingan.

Selain Instansi Kepolisian TNI, Dinsos, Pol PP, BPBD dan relawan yang sudah membuat dapur umum serta membantu evakuasi korban banjir dan penanganan di lapangan, Sugianto meminta SOPD untuk membantu dalam berbagai upaya.

Menurut Sugianto, langkah awal penanganan banjir harus membuat dapur umum sebanyaknya. Saat ini sudah ada dibantu pihak TNI, Polri, Pusdalop BPBD dan Tagana. Harus ditambah lagi untuk membantu percepatan distribusi sembako serta makanan untuk warga terdampak banjir.

BACA JUGA:   Masyarakat Kalimantan Minta Edy Mulyadi Diproses Secara Hukum Adat 

“Kita harus kerja cepat, semua Kepala Dinas diminta bantu, sembari kami koordinasi dengan Forkopimda,” kata Sugianto Sabran, usai menyerahkan 1.300 paket sembako ke Bupati Katingan, dini hari, Rabu 8 September 2021.

Bahkan Sugianto meminta Bulog untuk membantu percepatan pengepakan sembako, untuk segera disalurkan di berbagai daerah terdampak banjir.

“Selain itu untuk kepala daerah yang terdampak banjir di wilayahnya, untuk segera bergerak cepat untuk melakukan penanganan awal, nanti di back Up Pemerintah Provinsi,” tuturnya.

Sugianto mengatakan, pihaknya akan kembali meninjau Katingan sampai wilayah terdalam untuk menyalurkan sembako, dapur umum, serta mengecek kondisi jalur jalan.

BACA JUGA:   Pelantikan MES Kalteng Diwarnai Aksi Penggalangan Dana Korban Letusan Semeru

Dia mengajak Kadis PUPR untuk mengarahkan alat berat antisipasi jalur mobil, kemudian jalur jalan yang putus atau yang rusak untuk dibantu pihak Balai Jalan, dan melaporkan ke Kementerian PUPR.

“Tadi malam kami baru balik dari Katingan dan pedalaman Kotim, rencana besok atau lusa kami kembali lagi menyalurkan sembako dan memantau kondisi di sana. Ada beberapa titik jalan yang rusak dan susah dilalui. Langkah awal pihak PUPR Kalteng melaporkan ke balai Jalan, sembari menyiapkan alat berat, termasuk juga upaya perbaikan nantinya hingga wacana untuk pembangunan file sleb, tapi yang saat ini dahulu kita lakukan segera,” lugasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).