Gubernur Kalteng Perintahkan Kepala OPD Jadi Korlap Penanganan Banjir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta jajaran memberangkatkan bantuan untuk disalurkan kepada korban banjir, Kamis 9 September 2021.(IST-ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, memerintahkan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah lingkup provinsi sebagai koordinator lapangan (korlap) mendukung penanganan banjir di Kabupaten Katingan.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus Yayu Indriaty sebagai korlap di Kecamatan Katingan Tengah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kalteng Suhaemi di Kecamatan Tasik Payawan, Kepala Satpol PP Kalteng di Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kepala BPSDM Kalteng Sri Widanarni di Kecamatan Katingan Hilir, serta Staf Ahli Gubernur Yuas Elko di Kecamatan Pulau Malan.

“Hal ini sesuai arahan gubernur dalam rapat penanganan banjir di Katingan pada Rabu 8 September,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin, dikutip dari Antara, Kamis 9 September 2021.

BACA JUGA:   Frekuensi Penerbangan di Kalteng Meningkat

Tugas mereka adalah mengoordinasikan upaya penanganan darurat yang dilaksanakan di lapangan sesuai kebutuhan seluruh perangkat pemerintahan di tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan, serta mendampingi perangkat pemerintahan tingkat kecamatan, desa dan kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan untuk penanganan masyarakat terdampak banjir.

Kemudian mengoordinasikan dan mendistribusikan bantuan yang berasal dari pemerintah provinsi kepada masyarakat sasaran, melaksanakan evakuasi, dapur umum, layanan kesehatan dan layanan darurat lainnya sesuai kebutuhan di lapangan.

Terakhir, mereka juga harus melaporkan setiap perkembangan penanganan di lapangan kepada gubernur melalui sekretaris daerah provinsi.

BACA JUGA:   Seminar Nasional PGRI Katingan Kuala, Bahas Digitalisasi dan Literasi Pendidikan

“Sesuai surat perintah tugasnya, mereka melaksanakan kegiatan tersebut selama lima hari, yaitu 9-13 September 2021,” kata dia.

Dijelaskan, dalam melaksanakan tugasnya, setiap korlap dapat menugaskan pejabat eselon III sebanyak dua orang dari OPD masing-masing.

Adapun pada apel gelar personel dan sarana prasarana penanganan darurat bencana banjir di Palangka Raya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menjelaskan, salah satu kabupaten paling parah dilanda banjir adalah Katingan.

Maka khusus Katingan, pada lima kecamatan yang parah ditugaskan koordinator lapangan dari pejabat eselon II Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah didampingi pejabat dan tim dari masing-masing organisasi perangkat daerah.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)