Baru 4 Tahun Berdiri, Fakultas MIPA UPR Banyak Meraih Prestasi Nasional

M.SLH/BERITA SAMPIT - Dekan FMIPA UPR, Dr. Siti Sunaryati, M.Si.

PALANGKA RAYA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Universitas Palangka (UPR) yang terdiri dari Program Studi Kimia, Biologi dan Fisika banyak menorehkan prestasi nasional yang diraih oleh mahasiswa.

Dekan F-MIPA UPR, Dr. Siti Sunaryati, M.Si menyampaikan bahwa, berdasarkan SK Fakultas MIPA UPR diresmikan pada tahun 2017, akan tetapi penerimaan mahasiswa baru sejak tahun 2018.

Untuk saat ini ada empat angkatan yang ada di Fakultas MIPA, mulai dari angkatan 2018, 2019, 2020 dan angkatan tahun 2021. Walaupun masih baru lahir, akan tetapi prestasi-prestasi dari mahasiswa Fakultas MIPA ini sangat luar biasa.

“Alhamdulillah lumayan lah, luar biasa bahkan sudah menembus ke tingkat internasional, terutama yang dari Prodi Kimia, ada dosen-dosen muda dan mahasiswi juga ilmu nya juga bagus-bagus,” ungkap Dr. Siti Sunaryati di ruang kerjanya, Jumat 10 September 2021.

BACA JUGA:   Gedung Kembar Lantai 6 UPR Akan Dinamakan Gedung Merah Putih 

Kata dia, Fakultas MIPA UPR memiliki banyak program, nantinya program pembinaan mahasiswa melalui bakat, minat dan prestasi mahasiswa.

“Itu kalau yang rutin, terus ada juga olimpiade tingkat fakultas, kemudian nanti kita kirim ke tingkat wilayah yang ada di Banjarmasin, kemudian maju ke tingkat nasional,” tuturnya.

Dr. Siti juga mengatakan, yang paling menonjol di F-MIPA adalah karya ilmiah, karena pembimbing nya sangat mendukung sekali. Kemudian Program Kreatif Mahasiswa (PKM) di Fakultas MIPA dapat paling banyak.

“Dari UPR mendapatkan lima perwakilan, dari kelima yang dapat itu ada tiga perwakilan dari Fakultas MIPA dalam mengikuti PKM tingkat Nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:   Calon Rektor UPR Naturalisasi

Dia mengungkapkan, salah satu mahasiswa yang mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021 tingkat nasional Perwakilan F-MIPA UPR yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang merupakan salah kerja bidang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Jadi saat ini yang maju mahasiswa prestasi itu ada Elda Alyatikah, dari prodi Kimia, maju ke Pilmapres tingkat nasional,” ujarnya.

Namun Elda kurang beruntung, hanya masuk di 15 besar. Walaupun demikian Fakultas MIPA UPR sudah bangga, karena perwakilan UPR mampu bersaing ke tingkat nasional.

“Alda merupakan salah satu mahasiswa yang rajin, berprestasi sejak awal dia masuk memang minat, bakat dan fisenya memang ke Kimia,” tutup Dr. Siti Sunaryati. (M.Slh/beritasampit.co.id).