BPS Barsel Ajak Minta Masyarakat Sukseskan Sukernas dan Susenas

IST/BERITA SAMPIT - Kepala BPS Barsel, Militan SE.

BUNTOK- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan program Survei Angkatan Kerja Nasional (Sukernas) dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas).

“Tujuan program tersebut, guna menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan serta data sosial ekonomi keluarga,”Kata Kepala BPS Barsel Militan kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya. Jumat 10 September 2021.

Dikatakannya, ada dua tahapan yang sudah serta akan dilaksanakan oleh pihaknya dalam perjalanan program sukernas dan susenas tersebut bahkan program inipun terjadwal sejak 16 Agustus hingga 8 September 2021 lalu dan sudah terdata.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Untuk program sukernas, bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, indikator ketenagakerjaan serta perkembangan representatif di tingkat nasional dan provinsi,”Katanya.

Sedangkan program Susenas lanjut Militan, akan dilaksanakan pada tanggal 21 September hingga 16 Oktober 2021 mendatang yang terfokus untuk mendata ekonomi rumah tangga yang memiliki peran penting dalam menghasilkan indikator sosial dan ekonomi.

“Seperti, angka kemiskinan sehingga untuk program inipun dilaksanakan dua kali dalam satu tahunnya,”Jelasnya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Lebih lanjut Kepala BPS Barsel menambahkan terkait masyarakat yang terkena sample survei nantinya diharapkan supaya dapat menerima petugas dengan baik dan memberikan keterangan atau jawaban yang jujur sesuai dengan fakta yang ada.

“Memberikan keterangan, atau jawaban yang jujur sesuai fakta yang ada tujuannya adalah untuk menghasilkan keakuratan data yang lengkap serta bertujuan untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik,”tukas Militan.

(Ded/beritasampit.co.id)