Edy Pratowo Ajak Generasi Muda Ikut Bangun Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menjadi pemateri perkuliahan umum di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya yang dilakukan secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Jumat 10 September 2021.

Materi yang disampaikan pada saat kuliah umum mencakup Peran Pemerintah dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia di Kalteng. Dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan bahwa Pendidikan adalah merupakan cara untuk meningkatkan kualitas, dan kapasitas Sumber Daya Manusia.

Dengan meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan SDM yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan Negara yang makmur.

Lebih lanjut, Edy Pratowo juga menyampaikan melalui SDM yang unggul, tangguh, dan berkualitas baik secara fisik, serta mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional khususnya pembangunan Kalteng.

“Beberapa tantangan pendidikan di Indonesia diantaranya krisis karakter Bangsa dan kecakapan pada abad XXI, revolusi industri 4.0 dan teknologi/ inovasi distruptif dan bonus demografi (58 juta tenaga kerja pada 2030). Proyeksi masa depan diantaranya kompetisi akan semakin objektif dan kompetitif, 65 persen siswa SD akan mendapat jenis pekerjaan yang belum ada sekarang dan 14,2 juta tenaga kerja cakap akan bermigrasi antar Negara Asean,” ucapnya.

Edy Pratowo mengatakan, wujud keseriusan Pemerintah Provinsi Kalteng dalam hal pendidikan tertuang pada Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng ke-4 Kalteng Makin “Berkah” yakni mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing. Kalteng dipercaya sebagai salah satu lokasi pengembangan, dan pembangunan Food Estate yang merupakan PSN untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Dengan adanya peningkatan kualitas, dan kapasitas SDM masyarakat Kalteng akan turut menyukseskan, dan bahkan mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat Asli Kalteng yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kualitas ekonomi Kalteng.

Edy Pratowo juga mengatakan bahwa generasi muda Kalteng adalah harapan dimasa yang akan datang, membawa perubahan kearah yang lebih baik dan sebagai penentu keberlanjutan hidupnya Bumi Tambun Bungai Tanah Berkah Kalteng.

(Hardi/Beritasampit.co.id)