Tim BPBD Kalsel Bantu Evakuasi Korban Banjir di Katingan, Kalteng

Tim BPBD Kalsel saat membantu korban banjir Kalteng.(Ist)

BANJARMASIN – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membantu evakuasi warga korban banjir di beberapa daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Kedaruratan BPBD Kalsel, Saefudin Dinarja, mengatakan, sejak Rabu 8 September 2021, dia bersama 11 anggota BPBD mengevakuasi puluhan warga yang terjebak banjir.

“Setelah rehat sejenak di Gedung LPTQ Kabupaten Katingan, selanjutnya kami mengevakuasi warga di Jl Pahlawan sebanyak delapan orang terdiri dari tiga orang anak satu diantaranya masih balita  dan lima orang dewasa. Evakuasi kami lakukan mulai pukul 21.00 hingga pukul 24.00 Wib,” kata Saefudin Dinarja dari Kasongan, Kabupaten Katingan, dilansir dari Antara, Jumat 10 September 2021.

BACA JUGA:   Basarnas Banjarmasin Terjunkan Tim Rescue Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Hulu Sungai Tengah

Hari berikutnya, kata Saefudin Dinarja, Tim BPBD Kalsel melanjutkan evakuasi  di Jl Bukit Raya kelurahan Kasongan Lama yang juga berada di Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan. Di lokasi tersebut tim juga menyalurkan bantuan makan siang sebanyak 500 paket nasi bungkus.

“Jumlah warga terdampak di daerah tersebut lebih dari 300 kepala keluarga,” katanya.

Pantauan BPBD Kalsel, kedalaman air bervariasi mulai dari 50 cm sampai dengan 2 meter dengan arus yang cukup deras.

Dari 12 Tim BPBD Kalsel yang terjun membantu para korban banjir, tiga orang diantaranya adalah  wanita yaitu Sely, Aisyah dan Yasmin.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Harapkan Siswa Diktukba Menjadi Teladan di Masyarakat

“Ketiga relawan wanita kita perbantukan di dapur umum yang dibangun oleh Dinsos Kabupaten Katingan,” terang  Dinarja.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan apresiasi atas kecepatan BPBD dalam merespon instruksinya.

“Saya selalu mengingatkan SKPD untuk  peka dan bergerak cepat jika terjadi bencana, termasuk membantu daerah tetangga jika ada musibah,” ucapnya.

Gubernur juga mengatakan, musibah banjir yang terjadi di Kalteng  harus disikapi dengan gotong royong dan kekompakan persaudaraan.

“Saya juga sangat berterima kasih jika ada komponen masyarakat lain atau pemerintah daerah kabupaten/kota turut membantu,” katanya.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)