Gubernur Kalteng Minta Jangan Sampai Ada Warga Kelaparan

MENGECEK : IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Sugianto Sabran saat mengecek perlengkapan pengungsian

KASONGAN – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng, turun langsung ke Katingan.

Rombongan mengecek langsung Gudang Logistik tempat penampungan sementara bantuan bagi masyarakat terdampak banjir di Aula BPKAD Kasongan, Kabupaten Katingan.

“Bapak Bupati, saat ada distribusi bantuan, itu langsung di push terus. Jangan ada barang yang menumpuk di gudang, tolong kita distribusikan secara bertahap sehingga tidak ada warga yang kelaparan. Pendistribusian bantuan sembako serta makanan juga dibantu aparat TNI/Polri di lapangan,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Minggu 12 September 2021.

Sugianto Sabran saat ini ingin memastikan distribusi bantuan berjalan lancar, sehingga tidak ada penumpukan barang di Gudang.

Pihaknya juga langsung menuju Desa yang terpencil di Desa Banut Kalanaman, sampai menyebrang ke lokasi desa yang juga terisolasi akibat banjir sehingga mengungsi.

“Kami ada mendengar ada yang makan singkong, karena beras sudah habis, desa terisolasi hingga akses tidak bisa kemana mana. ini salah satunya kedatangan kami kesini. Pak Kapolda, Pak Danrem, Pak Kajati, datang kesini itu, kita memastikan bahwa isu itu tidak ada. Inilah upaya kita bersama untuk bahu membahu mengantarkan makanan setidaknya dua kali sehari,” jelasnya.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Kembali Gelar Vaksinasi Drive Thru di Palangka Raya

Dari hasil pemantauan di lapangan, di Gudang sementara logistik Kasongan, ada ratusan paket bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalteng, dan ratusan paket bantuan makanan siap saji dari BNPB, siap didistribusikan kepada masyarakat hari ini.

Sementara di lokasi Baun Bango, Kecamatan Kamipang, dengan menyebrang menggunakan speed untuk menuju ke penampungan sementara warga.

Usai menyambangi warga yang terisolasi karena banjir, termasuk membantu secara pribadi bagi pengungsi ditempat yang tinggi, Sugianto kemudian menyambangi daerah lainya untuk mengecek dapur umum BPBD, TNI/Polri untuk memastikan logistik dan makanan warga tidak ada kekurangan.

Mengenai angkutan dan petugas, Gubernur Sugianto bersama Kapolda, Danrem, Kajati, memberikan bantuan secara pribadi untuk personil dilapangan untuk semangat dalam upaya penanganan percepatan pendistribusian makanan untuk warga baik dari Provinsi dan juga Kabupaten.

“Dapur umum kita perbanyak, anggota kita kerahkan untuk membantu warga baik percepatan perbaikan wilayah, distribusi makanan hingga sembako ke wilayah yang warganya terdampak banjir,” tandasnya.

BACA JUGA:   Mantap! Mukhtarudin Kembali Salurkan 33.043 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Kalteng

Sementara itu, dilain lokasi Ketua PKK Provinsi Ivo Sugianto Sabran, bersama Ketua Persit dan lainya, membagikan sembako dan makanan ke warga hingga memberikan makanan dan vitamin tambahan bagi anak anak.

Rombongan juga mengecek kondisi jalur jalan, akses transportasi darat dan sungai hingga mendatangi warga yang masih beraktifitas ditengah banjir. Meskipun air sudah surut, namun sejumlah desa di pedalaman masih banjir bahkan diprediksi sampai satu bulan kedepan, karena daerahnya rendah dan mendekati sungai.

Untuk diketahui sejak pagi hingga siang, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Wagub, Pj Sekda dan Forkopimda Provinsi lainya, didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, dan Ketua organisasi wanita forkopimda, termasuk diikuti anggota DPR-RI dapil Kalteng Agustiar Sabran, melihat langsung kondisi banjir yang sudah mulai turun, logistik, bantuan sembako hingga mengunjungi warga yang mengungsi ditempat tinggi.

(Hardi/Beritasampit.co.id)