Mahasiswa KKN-T UPR Kembangkan Inovasi Berbasis Elektronik di Palingkau Lama

IST/BERITA SAMPIT - Mahasiswa KKN-T UPR di Kelurahan Palingkau Lama saat foto bersama.

PALANGKA RAYA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan program kerja di Kelurahan Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas dengan berbagai kegiatan.

Kelompok KKN-T UPR meluncurkan beberapa program kerja diantaranya, pengembangan PG-PAUD, pengembangan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan lahan pekarangan, pencegahan penyebaran Covid-19, pengembangan UMK dan satu program kerja unggulan yaitu, pembuatan dan pengembangan database dan website desa berbasis elektronik.

“Mengembangkan dan meningkatkan pelayanan atau informasi desa tersebut dengan cara membuat sistem berbasis website adalah sebuah inovasi yang diterapkan sehingga dengan sistem ini masyarakat lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang akurat,” terang Exanio Batherli yang merupakan mahasiswa Teknik Informatika UPR, melalui keterangan tertulisnya, Minggu 12 September 2021.

Pada kesempatan itu juga Ketua Kelompok KKN-T Periode II Reguler UPR Kelurahan Palingkau Lama, Agung Yulianto mengatakan bahwa, pengembangan pembuatan database dan website desa berbasis elektronik adalah inisiatif dari mahasiswa KKN-T setelah berkoordinasi dengan pihak kelurahan.

BACA JUGA:   BEM UPR Gelar Seminar Nasional Bahas Pembangunan Sebagai Wujud Keadilan Sosial

“Mengingat sekarang ini sudah selayaknya pemanfaatan teknologi digital harus diterapkan dalam sistem birokrasi terutama dalam menggunakan sistem pelayanan dan informasi di wilayah kelurahan maupun pedesaan,” tutur Agung Yulianto.

Kemudian, hal senada diutarakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Abertun Sagit Sahay, bahwa sudah selayaknya desa-desa yang berada di wilayah Kalimantan Tengah khususnya di Kelurahan Palingkau Lama ini diberikan pendampingan agar dapat memanfaatkan teknologi dalam mempromosikan potensi wilayah serta secara administrasi tetap dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa website.

Ketua Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik UPR ini juga mengungkapkan, dengan hal tersebut dapat memberikan kemampuan kepada masyarakat melalui pelatihan khususnya kepada UMKM untuk dapat meningkatkan jual beli produk dengan pemanfaatan media sosial.

BACA JUGA:   Iluni UPR Akan Gelar Munas I, Presma BEM UPR: Peran Alumni Sangat Penting Bagi Kemajuan Kampus

“Kami berharap dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T Periode II Reguler ini dapat memberikan manfaat dan kegiatan dapat terus berkesinambungan dalam rangka perbaikan dan penyempurnaannya,” tuturnya.

Terkait itu semua Lurah Palingkau Lama, Readi menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN-T UPR dan mengucapkan terima kasih atas lima program kerja yang diimplementasikan, diantaranya program kerja unggulan yang telah dilakukan tersebut, dimana pembuatan website dan sistem informasi.

“Kelurahan Palingkau Lama ini adalah merupakan terobosan baru dan sangat bermanfaat, terkhusus untuk kami selaku pelayan publik untuk terus memberikan pelayanan prima, akurat dan efesien kepada masyarakat,” tutup Readi. (M.Slh/beritasampit.co.id).

(Visited 5 times, 1 visits today)