Brimob Polda Kalteng Akan Kawal Kontingen Kalteng di PON Papua

IST/BERITA SAMPIT - Rapat koordinasi antara Koni Kalteng dan Brimob Polda Kalteng prihal pengamanan atlet di Papua

PALANGKA RAYA – Kontingen Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan berangkat ke Papua secara bertahap, untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, 2021 Papua 2 sampai 15 Oktober 2021. Personil keamanan dari Brimob Polda Kalteng akan ikut ambil bagian dalam pengamanan tersebut.

Pada kesempatan itu KA PAM Kontingen Kalteng AKBP Mada Ramdita, menjelaskan gambaran kondisi keamanan secara umum kepada perwakilan 18 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan berangkat ke PON XX Papua.

“Kami memberikan gambaran mengenai kondisi keamanan di Papua jelang perhelatan PON dan kami berharap kontingen terdiri dari atlet, pelatih, ofisial, manajer dan kontingen umum dapat memahami terkait budaya disana, kemudian kondisi gambaran umum di Papua seperti apa, itu yang perlu diketahui, sehingga ketika berada disana bisa berkolaborasi antar pengamanan dengan kontingen,” ucapnya.

Menurut Mada, tentunya dengan keterbatasan yang ada perlu adanya kerjasama dari pihak keamanan juga, karena tidak mungkin kita bisa kerja sendiri, dan juga perlu dukungan dari kontingen, atlet, offisial, pelatih, dan seluruh tim kontingen, sehingga tujuan misi dapat terlaksana dengan lancar.

BACA JUGA:   Wagub Kateng Berharap Koperasi dapat Berdaya Saing dan Berkontribusi pada Perekonomian

Sementara untuk teknis pengamanan, personil keamanan dibagi per wilayah berdasarkan tempat pelaksanaan PON di empat tempat, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Merauke dan Mimika, personil dibagi menyesuaikan dengan jumlah kontingennya, akan dikawal melekat dengan setiap Cabang Olahraga (Cabor).

Pada kesempatan yang sama Ketua Satgas Pelatda PON XX Christian Sancho menyampaikan, persiapan pengamanan sudah dipaparkan secara detail. KONI berharap cabang olahraga nanti bisa mengikuti apa saja arahan dari pihak keamanan. Keberangkatan kontingen secara bertahap di setiap klaster akan dikawal oleh tim keamanan.

“Atlet, pelatih dan offisial kami minta tidak perlu takut karena kehadiran tim keamanan mengawal kontingen untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” lugasnya.

BACA JUGA:   Masyarakat Kelurahan Banturung Jaga Kelestarian Alam melalui Kampung Tangguh Bencana

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng Falery Tuwan melihat persiapan kontingen Kalteng sudah semakin mantap, terdiri dari beberapa unsur, pengurus KONI kalteng, offisial, pelatih atlet dan manajer ditambah pengawalan dari pihak keamanan Brimob Polda Kalteng. Sejalan dengan instruksi Mendagri bahwa setiap provinsi harus dikawal oleh pihak keamanan setempat karena berangkat ke PON untuk mengantisipasi hal yang dapat mengganggu keamanan.

“Ini sifatnya waspada saja untuk menjamin rasa aman kontingen Kalteng di setiap kegiatan yang akan di ikuti sampai selesai. Kami berterima kasih kepada bapak kapolda yang sudah menugaskan anggotanya 20 orang untuk kawal kontingen Kalteng sebanyak 220 orang di PON XX,” tandasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)