Dua Kapal Bertubrukan di Perairan Tabanio, Kalsel

Insiden tubrukan kapal terjadi di perairan Tabanio antara MV Tanto Mitra dan tongkang batubara.//Ist-ANTARA/Firman;

BANJARMASIN – Tubrukan dua kapal terjadi di perairan Tabanio, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin 13 September 2021.

MV Tanto Mitra bertubrukan dengan tongkang batubara TK. MBP 1515 yang ditarik tug boat (TB) MBP 3208. Akibatkan kapal pengangkut kontainer MV Tanto Mitra penyok dan berlubang di bagian haluan.

“Kerusakan diperkirakan seluas 1×5 meter pada bagian yang terkena gesekan,” terang Kepala Basarnas Banjarmasin, Slamet Riyadi.

BACA JUGA:   Ketua Koperasi Sekobat Jaya Mandiri Minta Pelaku Pembakaran dan Penganiayaan Ditindak Sesuai Hukum

Sedangkan kerusakan pada kapal tongkang, menurut Slamet belum diketahui secara pasti.

“Info awal di lapangan, Alhamdulilah tidak sampai ada korban jiwa,” bebernya.

Sementara personil KP Tabaneo XIII-2004 dari Direktorat Polairud Polda Kalsel telah melaksanakan quick respon terhadap terjadinya tubrukan kapal di perairan alur laut Tabanio pada titik koordinat. 03°39’339″S – 114°28’563″E.

Menurut informasi dari Iswan Hasan selaku second officer TB. MBP 3208 melalui radio marine, bahwa MV Tanto Mitra kehilangan kendali karena kemudi otomatis dalam keadaan error.

Setelah terjadi tubrukan, MV Tanto Mitra mencari tempat yang aman untuk labuh jangkar dan berdasarkan keterangan dari nahkodanya Abdul Rachman, kapal akan dilakukan perbaikan terlebih dahulu dan dipastikan dalam kondisi aman, baru kemudian berlayar menuju Pelabuhan Trisakti untuk melakukan bongkar muatan kapal.

BACA JUGA:   Pedagang Bendera Merah Putih di HST Hiasi Trotoar di Pinggir Jalan

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)