BPBD Barsel : 1.134 Rumah Warga Terdampak Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya.

BUNTOK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyebutkan, berdasarkan data sementara yang diterima sekitar 1.134 rumah warga di 12 Desa empat Kecamatan di daerah tersebut terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Barsel Alip Suraya mengatakan, adapun keempat Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Dusun Selatan (Dusel, Dusun Hilir (Dushil), Karau Kula dan Kecamatan Dusun Utara (Dusut).

“Untuk kedua belas desa tersebut meliputi, Desa Penda Asam di Kecamatan Dusel, Desa Bintang Kurung, Janggi dan Babai di Kecamatan Karau Kuala, Desa Batampang dan Batilap di Kecamatan Dushil,” katanya kepada beritasampit.co.id Selasa, 14 September 2021

BACA JUGA:   PMI Barsel Galang Dana, Bantu Korban Banjir di Katingan     

Menurutnya, untuk Kecamatan Dusut wilayah desa yang terendam banjir yakni Desa Tarusan sebanyak 618 rumah dengan 634 Kepala Keluarga (KK) dan Desa Reong sebanyak 180 rumah serta fasilitas umum.

“Sedangkan Desa Marawan Lama sebanyak 318 rumah serta fasilitas umum, Desa Talekoi di Rt 02 dan 03 sebanyak 18 rumah dengan 21 KK, Desa Marawan Baru serta Kelurahan Pendang,”Jelas Alip Suraya.

BACA JUGA:   Bupati Barsel Serahkan Alsintan Perontok dan Penanam Padi ke Poktan

Lebih lanjut ditambahkannya, selain rumah warga yang terdampak banjir juga termasuk jalan lingkungan Kelurahan dan desa, kebun rotan, kebun karet, persawahan serta beberapa fasilitas umum.

“Untuk saat ini, informasi terakhir yang kita terima untuk debit DAS Barito mulai surut,”tukas Alip Suraya.

(Ded/beritasampit.co.id)