Jelang Harati Bongkar Pasang Pejabat, Nama Johny dan Marjuki Tergeser?

Bupati Kotim, Halikinnor, (BERITA SAMPIT)

SAMPIT – Rencana pelantikan pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) akan segera terlaksana, Kamis 16 September 2021.

Dari sumber yang didapat undangan untuk pelaksanaannya telah dicetak dan siap diedarkan. Namun rencana tersebut bisa saja bergeser, mengingat keputusan jadwal atau waktu pelantikan berada di tangan kepala daerah sepenuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah tahapan pelantikan pejabat telah berlangsung beberapa pekan sebelumnya. Bahkan, Pemkab Kotim melalui Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, yakni seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama untuk Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) serta Dinas Pertanian.

Pada sebuah kesempatan, Bupati Kotim Halikinnor, mengaku tidak ada kendala lagi dan bahkan menginginkan pelantikan tersebut bisa dilaksanakan secepatnya atau dalam waktu dekat.

Bupati juga menegaskan bahwa pihaknya telah berusaha maksimal dalam memberikan kesempatan untuk menduduki jabatan dan ada sejumlah staf yang sudah memiliki kepangkatan yang cukup dan juga sangat potensial.

BACA JUGA:   Harga Emas Perhiasan di Sampit Stabil Rp850.000 Per Gram untuk Kadar 24 Karat

Halikinnor mengatakan, belum ada jumlah pasti berapa orang pejabat yang akan dia lantik nantinya. Selain pelantikan terhadap para pejabat tersebut masih harus di godok oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) juga dilihat dari job fit-nya. Pelantikan Kepala dan pejabat SOPD ini diperkirakan sekitar pertengahan atau akhir bulan September ini.

Kabar berubahnya warna gerbong Harati (Halikinnor-Irawati) ini semakin menyeruak.
Halikinnor dipastikan sudah mengantongi sejumlah nama yang dianggap mumpuni atau merotasi sejumlah nama dari zona nyamannya selama ini. Dirinya memerlukan sosok pejabat eselon yang mampu selaras dengan program kerjanya dan bekerja maksimal, terlebih jabatan yang diemban sebagai bupati hingga tahun 2024 mendatang.

Dari rumor yang berkembang terdapat sejumlah pejabat yang bertukar posisi, seperti Johny Tangkere yang selama ini menduduki Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) santer terdengar akan  bergeser ke Dinas Perhubungan (Dishub), sedangkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Marjuki juga termasuk dalam rotasi jabatan itu ke jabatan yang setingkat.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Tinjau Penanganan Banjir dan Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak

Selain itu,  Ramadansyah, Kepala Badan Pembangunan Dan Penelitian Daerah masuk radar mutasi, dia diwacanakan menjadi Kepala Bapenda  menggantikan Marjuki. Sementara Imam Subekti, Assiten 3 Setda Kotim diendus akan menjabat Kepala DPMPTSP.

Sementara untuk jabatan kepala Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) yang baru-baru ini dilakukan lelang jabatan juga masih jadi tanda tanya, apakah pelaksana tugas (plt) di dua dinas tersebut akan dikomandani pejabat baru atau Plt yang sebelumnya dilantik menjadi pejabat definitif perlu ditunggu.

Rotasi jabatan ini menjadi pertama kalinya dibawah kepemimpinan Harati pasca dilantiknya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotim 26 Februari silam.

Tentunya berubahnya warna gerbong Harati diharapkan mampu menambah akselerasi program pembangunan yang sudah dituangkan dalam rencana pembangunan jangan menengah daerah (RPJMD) seperti yang diharapkan Bupati Kotim Halikinnor.

(jun/beritasampit.co.id)