Mukhtarudin Dukung BRIN Percepat Perbaikan Ekosistem Riset Dan Inovasi

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin. (dok: pribadi)

JAKARTA– Komisi VII DPR RI mengapresiasi pola kelembagaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sudah disusun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 78 tahun 2021 dan mendorong Kepala BRIN untuk segera melaksanakan tugas dan fungsi strategis BRIN RI secara optimal.

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin berharap BRIN mempercepat perbaikan ekosistem riset dan Inovasi dengan merampungkan integritas lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) ke dalam BRIN.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Banggar DPR Minta TPID Pantau Komoditas Pangan Jelang Lebaran 2024

“Ke depan, saya berharap BRIN bisa terus semakin mempercepat proses peningkatan perbaikan ekosistem riset dan Inovasi,” tutur Mukhtarudin, Rabu, (15/9/2021).

Komisi VII DPR Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala BRIN di Gedung Nusantara, Selasa, (14/9) mendesak kepala BRIN untuk tetap mempertahankan pelaksanaan program Penguatan Talenta Inovasi Indonesia dan program-program lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Cegah Bullying, Dede Yusuf: Butuh Peran Sekolah Beri Pendidikan Karakter Anak

Selain itu, Komisi VII DPR RI juga meminta Kepala BRIN untuk mengkaji potensi pembangunan Bandar Antariksa serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi baik dari sisi bisnis maupun sosial kemasyarakatan.

“Jadi kami sepakat bahwa Komisi VII DPR mendukung kepala BRIN untuk melakukan percepatan pembangunan observatorium Nasional Gunung Timau guna memenuhi kebutuhan pengembangan teknologi keantariksaan nasional,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)