Si Kuda Lumping Peduli, Sumbangkan Rp 89 Juta Untuk Korban Banjir Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Aksi tarian kuda lumping saat penggalangan dana.

PALANGKA RAYA – Selama ini masyarakat ketika mendengar nama kuda lumping langsung berasumsi kalau itu adalah pertunjukan yang dipenuhi atraksi cambuk, makan beling atau kesurupan.

Tapi siapa sangka ternyata kesenian kuda lumping juga bisa jadi media untuk menggalang aksi solidaritas dan kepedulian untuk warga yang sedang mengalami musibah.

Faktanya Paguyuban Kuda Lumping se-Kota Palangka Raya dengan seni tari kuda lumpingnya berhasil mengumpulkan dana untuk korban banjir Katingan sebesar Rp 89 Juta hanya dalam 3 hari saja.

Hartoyo Humas Paguyuban Kuda Lumping se-Kota Palangka Raya mengatakan, kalau aksi peduli yang mereka lakukan karena mereka yang sebagian besar adalah perantau merasa kalau para korban banjir di Kabupaten Katingan adalah saudara mereka.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Minta FKUB Bantu Pemerintah Rawat Kerukunan Umat Beragama

“Kita sudah lama berdomisili di Kalteng dan kita juga menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang, dan selalu berupaya untuk melakukan untuk selalu peka dan peduli dengan masyarakat Kalteng yang sedang tertimpa musibah, seperti saat ini masyarakat Katingan yang sedang mengalami musibah banjir,” ungkap Hartoyo, Selasa 14 September 2021.

Dia juga mengatakan kalau selama aksi penggalangan dana yang mereka lakukan dengan tarian kuda lumping di beberapa titik lampu merah di Kota Palangka Raya tetap melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Kita punya izin yang lengkap untuk menggelar aksi dan semua hasil pendapatan selama aksi dilaporkan kepada instansi terkait,” jelasnya.

“Dan selama aksi 250 orang yang diturunkan kita upayakan untuk tidak sama sekali menggunakan uang hasil dari penggalangan dana. Jadi selama aksi kita swadaya untuk konsumsi dan kebutuhan lainnya,” tegas Hartoyo.

BACA JUGA:   Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Dukung Program BIPA

Ia menimpali kalau itu dilakukan agar hasil yang didapat bisa maksimal, sehingga bantuan yang akan disalurkan pun bisa maksimal.

“Rencananya dalam beberapa hari kedepan bantuan yang kita belikan sembako dan beberapa kebutuhan lainnya akan segera disalurkan secara langsung kepada korban banjir Katingan,” beber Hartoyo.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih dan rasa salut kami kepada warga yang menyumbang selama aksi penggalangan dana, semoga dana yang terkumpul ini bisa membantu meringankan beban saudara saudara kita yang ada di Katingan,” pungkasnya. (Aul/beritasampit.co.id).