DPRD Katingan Turun Langsung Serahkan Bantuan Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Jajaran Anggota DPRD Katingan saat menyerahkan bantuan secara simbolis ke pemerintah desa.

KASONGAN – Jajaran Anggota DPRD Katingan menyerahkan bantuan banjir di kecamatan Kamipang. Unsur pimpinan Seperti Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto Nanang Suriansyah turun langsung menyerahkan bantuan tersebut bersama anggota DPRD lainya. Rabu, 13 September 2021.

“Bantuan ini bentuk kepedulian seluruh anggota DPRD Katingan terhadap masyarakat, musibah banjir ini hampir terjadi di semua kecamatan. Doa dan harapan kita semua agar masyarakat bisa tetap menjaga kesehatan dan tetap hati-hati melihat arus air cukup deras terutama untuk menjaga anak-anak tidak terlalu bermain air,” ungkap Marwan Susanto.

Ditempat yang sama Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Surianyah berharap dengan bantuan ini bisa meringkan beban warga yang sekarang terkena musibah banjir.

“Semoga bisa sedikit meringankan beban masyarakat kita yang ada di Desa Telaga dan Desa Galinggang, Kecamatan Kamipang,” ujar Nanang Suriansyah usai menyerahkan bantuan.

Seperti diketahui banjir yang melanda kabupaten yang berjuluk penyang hinjei simpei itu mulai bergesar ke wilayah selatan. Bahkan dipredikasi air akan lebih lama berada diwilayah tersebut.

“Kami langsung cek lapangan, kondisi air sudah memasuki rumah warga. Kebanyakan masyarakat kita yang ada di bantaran sungai ini memang sering jadi langganan banjir bila banjir di bagian hulu katingan surut. Tapi tahun ini yang paling parah,” ujar Legislator asal Golkar tersebut.

BACA JUGA:   DPRD Setujui Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah
IST/BERITA SAMPIT – Jajaran Anggota DPRD Katingan menyerap aspirasi warga.

Dikesempatan itu juga pihaknya menyerap aspirasi warga, baik kendala bantuan kondisi kesehatan masyarakat bahkan pembangunan.

“Kami juga menyerap aspirasi masyarakat, apalagi dibertepatan dengan masa reses DPRD. Kesempatan itu digunakan sebagai wadah menampung aspirasi dan semoga bisa direalisasikan menjadi kebijakan,” tambahnya.

Kepala Desa Telaga Tommy dikesempatan itu mengapresiasi kepedulian anggota DPRD Katingan yang telah memberikan bantuan ke warganya. Pihaknya juga mengakui, hingga sekarang aktivitas masyarakat terhambat akibat banjir.

“Bantuan ini sangat meringankan beban warga yang kesulitan bekerja saat banjir, kami atas nama pemerintah desa dan warga Telaga mengucapkan terimakasih ke semua anggota DPRD Katingan,” imbuh Tommy.

Anggota DPRD Katingan yang ikut dalam proses pendisribusian logistik diantaran, Endang Susilawati, Firdaus, Riming, Aldy, Muhammad Efendi dan Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto dan Wakil Ketua I Nanang Suriansyah.

Seperti diketahui jumlah Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Kamipang berjumlah 2.047 KK.

Desa Desa Asem Kumbang terdampak 1.500 Jiwa dengan jumlah 438 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 306 unit. 2 tempat Ibadah , Gedung sekolah 4 ruang, 1 Perkantoran dan 2 Fasilitas kesehatan.

Desa Baun Bango terdampak 484 Jiwa dengan jumlah 146 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 115 unit. 1 tempat Ibadah, 4 Gedung sekolah, 1 Fasilitas Kesehatan.

Desa Tumbang Runen terdampak 476 Jiwa dengan jumlah 142 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 101 unit. 1 tempat Ibadah, 3 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.

BACA JUGA:   Tergenang Banjir, Polisi Imbau Hati-Hati Lewati Jalan Kasongan-Kereng Pangi

Desa Jahanjang terdampak 811 Jiwa dengan jumlah 245 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 211 unit. 1 tempat Ibadah, 4 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.

Desa Karuing terdampak 510 Jiwa dengan jumlah 150 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 115 unit. 1 tempat Ibadah, 3 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.

Desa Parupuk terdampak 156 Jiwa dengan jumlah 45 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 26 unit. 1 tempat Ibadah, 1 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.
Desa Telaga terdampak 1.286 Jiwa dengan jumlah 374 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 265 unit. 2 tempat Ibadah, 4 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.

Desa Tampelas terdampak 288 Jiwa dengan jumlah 87 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 69 unit. 1 tempat Ibadah, 4 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.

Desa Galinggang terdampak 1.493 Jiwa dengan jumlah 420 KK, sedangkan rumah warga yang terendam banjir 247 unit. 2 tempat Ibadah, 4 Gedung sekolah, 1 Perkantoran, 1 Fasilitas Kesehatan.

Sedangkan Kecamatan Tasik Payawan dari data yang terhimpun beritasampit.co.id berjumlah 1.179 KK yang terdampak banjir. Kemudian Desa Tumbang Bulan Kecamatan Kamipang berjumlah 191 KK yang terdampak banjir.

(Kawit/beritasampit.co.id)