Pemkab Mura Kerjasama Dengan PT. IMK Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa

Perwakilan Manajemen PT IMK, Eko Subagyo saat menyampaikan laporannya.

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bekerjasama dengan PT. Indo Mura Kencana (IMK) menggelar pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pelatihan itu diikuti 13 desa dari 4 kecamatan, adapun desa yang mengikuti pelatihan itu yakni, Desa Tahujan Ontu, Desa Datah Kotou, Desa Olung Hanangan, Desa Dirung Lingkin, Desa Oreng, Desa Puruk Kambang dan Desa Ulung Muro di Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Untuk Kecamatan Sungai Babuat meliputi Desa Tumbang Bantian, Desa Tambelum dan Desa Batu Mirau. Kecamatan Tanah Siang diikuti oleh dua desa, yakni Desa Makalisoi dan Desa Konut. Sedangkan untuk Kecamatan Murung dari Desa Mangkahui.

BACA JUGA:   Dewan Dorong Pemda Mura Membuat Strategi Penanggulangan Bencana Banjir

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Hermon, M.Si dihadiri Kepala Dinas PMD, Asnawiyah, Perwakilan Managemen PT. IMK, Eko Subagyo beserta jajarannya.

Pelatihan itu dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis 16-18 September 2021 yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum Tira Tangka Balang Kota Puruk Cahu.

Mewakili management PT IMK, Eko Subagyo mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas Pemerintah Desa sudah dua kali dilaksankan untuk desa-desa di lingkar tambang PT IMK.

“Ini merupakan upaya kami dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pemerintah desa melalui pelatihan,” ujar Eko.

Tidak hanya itu, Eko juga mengatakan, peningkatan kapasitas Pemerintah Desa juga merupakan salah satu bagian dari program PPM (program pemberdayaan masyarakat) di sekitar tambang.

BACA JUGA:   Satgas Covid-19 Pastikan Proses PTM Terapkan Prokes Ketat

“Kita berharap Kepala Desa maupun Anggota BPD di lingkar tambang PT IMK memiliki pengalaman dan kapasitas yang cukup dalam mengelola sumberdaya yang ada di desa. Kami juga akan melakukan pendampingan secara berkelanjutan kepada Kades dan Anggota BPD yang kami latih ini,” jelas Eko lagi.

Sementara itu Bupati Mura, Perdie M. Yoseph melalui Sekretaris Daerah, Hermon mengapresiasi kegiatan pelatihan terhadap 13  Pemerintah Desa oleh PT IMK.

“Kami dengar kegiatan pelatihan seperti ini telah dilaksankan beberapa kali. Ini patut diapresiasi dan tentu Pemerintah Daerah merasa terbantu dengan program yang dilakukan PT IMK ini,” pungkas Hermon. (Lulus/beritasampit.co.id).